Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

AS Serukan Dukungan Lawan Kartel Narkoba

Kamis, 23 September 2010 – 01:21 WIB
AS Serukan Dukungan Lawan Kartel Narkoba - JPNN.COM
WASHINGTON - Menyerahnya media lokal Meksiko terhadap kartel obat bius mengundang reaksi serius dari Amerika Serikat (AS). Selasa (21/9) waktu setempat, secara resmi Washington mengungkapkan keprihatinan atas pemasungan pers oleh penjahat narkoba di negeri yang dipimpin Presiden Felipe Calderon tersebut.

Pemerintahan Presiden AS Barack Obama khawatir, pengekangan media tersebut akan menelan lebih banyak korban. Para jurnalis yang tetap mengkritik kartel-kartel obat bius di Kota Ciudad Juarez dapat dipastikan akan mati di tangan mereka. "Kami sudah mengungkapkan keprihatinan terhadap pemerintah Meksiko terkait dengan perlindungan yang mereka berikan kepada insan pers," kata Jubir Departemen Luar Negeri AS, Mark Toner, seperti dikutip Agence France-Presse.

Dalam kesempatan itu, dia mengimbau pemerintahan Calderon mengambil tindakan nyata dalam melindungi para jurnalis. Dengan demikian, nasib tragis wartawan El Diario de Juarez, Luiz Carlos Santiago, dan wartawan lokal lainnya, Armando Rodriguez, tidak perlu kembali terjadi. Apalagi, Selasa lalu pemerintah Meksiko menegaskan sikap untuk tetap memerangi kartel-kartel obat bius yang main hakim sendiri lewat geng-geng kriminal mereka.

AS sebenarnya tidak hanya prihatin atas perkembangan perang kartel obat bius di Meksiko yang membuat media tersudut. Beberapa waktu lalu, Washington bahkan memberikan suaka kepada seorang jurnalis Meksiko yang mengaku diteror kartel obat bius. Jorge Luis Aguirre, pengelola portal berita LaPolaka.com, sudah dua tahun terakhir tinggal di El Paso, Texas. Kota tersebut bersebelahan dengan Ciudad Juarez yang memang terletak di perbatasan.

WASHINGTON - Menyerahnya media lokal Meksiko terhadap kartel obat bius mengundang reaksi serius dari Amerika Serikat (AS). Selasa (21/9) waktu setempat,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close