Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Asrama Haji Gorontalo Punya Replika Pesawat Garuda Ukuran Asli

Sabtu, 06 Maret 2021 – 22:08 WIB
Asrama Haji Gorontalo Punya Replika Pesawat Garuda Ukuran Asli - JPNN.COM
Sejumlah warga mengunjungi hanggar replika (mock up) pesawat Garuda di Asrama Haji di Kota Gorontalo, Gorontalo, Sabtu (6/3/2021).(FOTO ANTARA/Adiwinata Solihin)

jpnn.com, GORONTALO - Asrama Haji Provinsi Gorontalo kini punya replika (mockup) pesawat Garuda Indonesia tipe Boeing 777 yang dibuat mirip dengan rancangan dan ukuran aslinya.

Kasi Transportasi, Perlengkapan dan Akomodasi Haji, Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Gorontalo Wiwik Mayang mengatakan fasilitas replika pesawat tersebut dibangun pada tahun 2020.

"Mockup pesawat ini dibuat mirip dengan aslinya ,yaitu pesawat yang membawa calon jamaah haji ke Arab Saudi yang bertujuan untuk memandirikan jamaah calon haji, umrah dan masyarakat umum," kata Wiwik di Gorontalo, Sabtu (6/3).

Keberadaan replika itu salah satunya bertujuan untuk mengenalkan dan membiasakan calon jemaah dengan pesawat yang akan mengantarkan mereka ke Tanah Suci.

Bagi masyarakat calon jemaah haji yang belum pernah naik pesawat, mockup pesawat tersebut dapat mengenalkan dan membiasakan mereka.

"Agar para penumpang nanti sudah terbiasa dan memahami bagaimana fitur-fitur yang ada, di mana mockup ini dibuat sama persis dengan yang aslinya," jelas Wiwik.

Mockup itu dilengkapi dengan toilet, agar penumpang terbiasa dan mau menggunakannya. Sebab, banyak penumpang yang tidak mau untuk ke toilet selama penerbangan.

"Apalagi jika kita ke Arab Saudi dengan perjalanan selama delapan jam, kalau menahan buang air tentu berbahaya bagi kesehatan," ucapnya.

Replika pesawat tersebut sengaja dibuat untuk membiasakan calon jemaah haji sebelum penerbangan ke Tanah Suci.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close