Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Asyik! Pasar Murah di TTIC Bakal Digelar Rutin

Minggu, 19 Juni 2022 – 18:11 WIB
Asyik! Pasar Murah di TTIC Bakal Digelar Rutin - JPNN.COM
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) memastikan pasar murah di Toko Tani Indonesia Center (TTIC) akan digelar rutin setiap ada kenaikan harga bahan pokok, terlebih menjelang Iduadha. Foto: Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) memastikan pasar murah di Toko Tani Indonesia Center (TTIC) akan digelar rutin setiap ada kenaikan harga bahan pokok, terlebih menjelang Iduadha.

"Sebenarnya apa yang kita lakukan ini adalah aktivitas rutin dalam menghadapi dinamika-dinamika harga pada kebutuhan masyarakat, karena pada hari-hari tertentu atau waktu tertentu seperti Idul Fitri, Idul Qurban, Natal dan Tahun Baru seperti itu adanya," ujar SYL, Minggu, 19 Juni 2022.

Menurut SYL, pasar murah bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pangan dasar yang berkualitas bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

Apalagi, saat ini, harga cabai dan bawang dalam keadaan fluktuasi yang cendurng menguntungkan petani.

"Ini tidak lain untuk mem-back up sesama menteri dalam mempersiapkan kebutuhan pangan dasar yang ada, kebutuhan ini memang ditentukan untuk mengendalikan secara maksimal. Kita tahu, harga cabai melonjak dan bawang biasanya seperti itu," katanya.

Menurutnya, pasokan cabai dan bawang memang mengalami gangguan serangan hama. Namun, menurut SYL, ketersediaan kedua komoditas ini dalam keadaan cukup.

"Hari ini, dengan melihat pasar tani yang ada, dan kemudian petani-petani yang berada di Wonosobo dan Temanggung mengambil panggung disini untuk mengakatakan sebenarnya bawang dan cabai produktivitas memang terganggu oleh iklim, tetapi ketersediaan standar kebutuhan dari data yang kami miliki cukup tersedia," katanya.

Di sisi lain, SYL menegaskan ketersediaan daging sapi dalam menghadapi Iduladha dalam keadaan cukup. Tidak ada pasokan yang tersendat atau gangguan lain akibat wabah PMK, karena wabah diawasi dengan ketat.

Kementan memastikan pasar murah di Toko Tani Indonesia Center (TTIC) akan digelar rutin setiap ada kenaikan harga bahan pokok, terlebih menjelang Iduadha.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close