Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Atasi Macet, Beijing Pangkas Mobil Baru

Jumat, 24 Desember 2010 – 10:25 WIB
Atasi Macet, Beijing Pangkas Mobil Baru - JPNN.COM
BEIJING - Kemacetan parah tak hanya menjadi masalah besar Jakarta dan beberapa kota besar di dunia. Beijing juga tengah serius mencari solusi mengurai keruetan lalu-lintas di ibu kota. Tahun depan Beijing akan memangkas dua pertiga jumlah mobil baru yang dianggap sebagai biang macetnya kota.

Wakil Sekretaris Jenderal pemerintah Kota Beijing Zhou Zhengyu menyatakan, hanya akan mengijinkan 240 ribu mobil baru tahun depan. Jumlah tersebut hanya sepertiga dari total mobil baru yang menjejali jalanan Beijing tiap tahunnya.

Kemacetan di Beijing semakin memburuk beberapa tahun terakhir. Kota tersebut tengah berupaya membersihkan udara dari polusi, sementara otoritas tidak bisa mencegah keinginan masyarakat kelas menengah untuk memperoleh mobil idaman mereka.

Seperti dilansir Associated Press, langkah-langkah sudah disiapkan mulai dari sistem plat ganjil-genap, pembatasan pengeluaran surat izin kendaraan (STNK), bahkan sampai menyerukan agar masyarakatnya di kota-kota memiliki izin parkir terlebih dahulu sebelum diperbolehkan membeli sebuah kendaraan.

BEIJING - Kemacetan parah tak hanya menjadi masalah besar Jakarta dan beberapa kota besar di dunia. Beijing juga tengah serius mencari solusi mengurai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close