Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Atasi Permasalahan Mendasar Dunia, Putu Supadma Rudana Prakarsai Kaukus Air di DPR RI

Kamis, 16 Mei 2024 – 19:51 WIB
Atasi Permasalahan Mendasar Dunia, Putu Supadma Rudana Prakarsai Kaukus Air di DPR RI - JPNN.COM
Wakil Ketua BKSAP DPR RI, Putu Supadma Rudana. Foto: BKSAP

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana memprakarsai kaukus air di parlemen sebagai langkah awal upaya nyata dewan untuk ikut andil dalam mengatasi permasalahan mendasar di Indonesia dan di dunia Internasional.

Putu selaku inisiator melakukan peluncuran DPR RI Water Caucus secara simbolis di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta pada Kamis (16/5).

“Bersama dengan teman-teman, hari ini kami hadir untuk memberikan dukungan juga untuk memprakarsai hadirnya caucus water di parlemen indonesia. Saat ini kami prakarsai ini sehingga menjadi sebuah pengingat bahwa kami sudah memulai perjuangan melalui kaukus air,” tutur Putu pada kesempatan tersebut.

Putu berharap kaukus yang diprakarsai oleh para anggota dewan di periode ini bisa terus memperjuangkan isu-isu terkait air. Dia menegaskan komitmen dan kepedulian pada kelangsungan air bersih tak sekadar hadir pada momentum World Water Forum (WWF) alias Forum Air Sedunia ke-10 yang akan digelar nanti. Lebih dari itu spirit perjuangan memenuhi hak rakyat terhadap air bersih juga harus dihembuskan oleh para legislator di periode selanjutnya.

“Mudah-mudahan Kaukus ini bermanfaat bagi masyarakat. Dan dari parlemen, kami sangat peduli dengan isu air dan ini menjadi komitmen kami dalam forum atau kegiatan sidang yang berkelanjutan. Kalau World Water Forum kan seminggu, ya. Tetapi kalau kaukus ini mudah-mudahan bisa terus sepanjang masa, yang kami prakarsai ini bisa terus hadir memperjuangkan kepentingan masyarakat khususnya akses terhadap air bersih,” harap Putu.

Seperti yang diketahui, Indonesia menjadi tuan rumah WWF ke-10 yang akan diselenggarakan di Bali pada 18-25 Mei mendatang. Berbeda dari gelaran sebelumnya, kali ini WWF resmi menggandeng Inter-Parliamentary Union dan rencananya akan dihadiri oleh lebih dari 50 parlemen negara anggota IPU.

“Jadi, kami menggerakkan semua parlemen. Kaukus ini sebenarnya sama tujuannya. Menggerakkan semua anggota parlemen. Ada 84 dapil di Indonesia ada 580 anggota di periode berikutnya akan mengawal, mudah-mudahan isu tentang air ini,” ujar legislator asal Bali tersebut. 

Putu yang juga anggota biro, komite IPU untuk pembangunan berkelanjutan ini menekankan bahwa lima hal penting yang harus menjadi fokus para stakeholders ke depannya terkait isu-isu air.

Putu berharap kaukus yang diprakarsai oleh para anggota dewan di periode ini bisa terus memperjuangkan isu-isu terkait air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close