Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Atasi Shortage, Tata Suplai Gas Domestik

Rabu, 08 Oktober 2008 – 10:43 WIB
Atasi Shortage, Tata Suplai Gas Domestik - JPNN.COM
JAKARTA - Kebijakan sektor gas nasional segera ditata. Ini dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi kekurangan pasokan atau shortage gas di dalam negeri (domestik). Menurut Wakil Kepala Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BPMigas) Abdul Muin, perbaikan kebijakan sektor gas selanjutnya akan difokuskan pada penataan mata rantai pasokan gas nasional, terutama ke pasar domestik. ''Sebab kalau tidak, maka akan selalu ada gap shortage di pasar domestik,'' ujarnya di Jakarta, Selasa (7/10).

Muin mengatakan, penataan akan dilakukan secara menyeluruh mulai dari sektor hulu atau produksi gas, selanjutnya ke sektor transportasi hingga sektor konsumen. ''Ini nanti akan menuju pada penjadwalan pengiriman gas,'' jelasnya.

Menurut Muin, yang pertama akan dilakukan adalah mengumpulkan informasi tentang kebutuhan gas, baik pelanggan industri langsung atau pelanggan yang membeli melalui pedagang seperti Perusahaan Gas negara (PGN) atau Pertamina. ''Nanti dihitung seberapa banyaknya, kemudian dilihat akses pasokannya. Semuanya harus didata secara menyeluruh. Sebab, gas ini tidak bisa di-develop dalam waktu singkat. Jadi, semua perlu persiapan,'' paparnya.

Muin mengakui, intensitas koordinasi antarsektor dalam penyediaan suplai gas domestik masih belum konsisten. ''Untuk itu, seluruh stakeholder dari Departemen ESDM, BPMigas, produsen maupun konsumen akan duduk bersama, menyusun perencanaan jangka panjang yang akan dievaluasi setiap tahun untuk kerangka tujuan jangka pendek,'' ujarnya.

JAKARTA - Kebijakan sektor gas nasional segera ditata. Ini dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi kekurangan pasokan atau shortage gas di dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close