Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

ATSI Minta Pemerintah Realisasikan Jaringan 5G Secara Komersial pada 2022

Rabu, 27 November 2019 – 17:42 WIB
ATSI Minta Pemerintah Realisasikan Jaringan 5G Secara Komersial pada 2022 - JPNN.COM
Ilustrasi jaringan 5G. Foto: pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia diharapkan tidak tertinggal dalam pengaplikasian jaringan generasi kelima, 5G. Targetnya paling lambat pada 2022.

Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), mengharapkan jaringan 5G dapat dinikmati secara komersial di Indonesia pada 2022.

"Selambatnya pada 2022 kita bisa menggelar layanan 5G," kata Ketua Umum ATSI, Ririek Adriansyah, saat diskusi "Embarking 5G, A Pursuit to Digital Destiny" di Jakarta, Rabu.

Operator seluler di Indonesia sendiri sudah menguji coba jaringan 5G sejak 2017, kebanyakan untuk penggunaan di sektor industri, bukan untuk konsumen komersial. Uji coba jaringan 5G diperkirakan masih akan berlangsung hingga tahun depan.

Agar jaringan 5G dapat digelar pada 2022, ATSI mengharapkan lelang frekuensi dapat dilaksanakan pada tahun depan.

Menurut Ririek, Indonesia memiliki karakteristik konsumen yang berbeda dengan Korea Selatan dan China, yang tahun ini sudah memasarkan data internet 5G untuk komersial.

Kedua negara tersebut bisa menjual data internet 5G seperti 4G dengan volume yang tinggi karena sesuai dengan kebutuhan pasar.

"Konsumsi kita belum di level itu," sambung Ririek lagi.

Indonesia diharapkan tidak tertinggal dalam pengaplikasian jaringan generasi kelima, 5G. Targetnya paling lambat pada 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close