Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Aturan Tembakau di RPP Kesehatan Dinilai Merugikan Petani

Senin, 23 Oktober 2023 – 19:27 WIB
Aturan Tembakau di RPP Kesehatan Dinilai Merugikan Petani - JPNN.COM
Tembakau kering yang menjadi bahan baku rokok. Foto/ilustrasi: Ara Antoni/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Sektor pertanian menolak aturan produk tembakau dalam Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) yang merupakan peraturan pelaksana Undang-Undang (UU) Kesehatan.

Mereka meyakini bahwa dampak dari aturan tersebut dapat mematikan keberlangsungan mata pencaharian petani cengkeh.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Petani Cengkeh Indonesia (APCI) I Ketut Budhyman Mudhara, mengatakan RPP Kesehatan semestinya fokus pada pengaturan sistem kesehatan nasional.

Namun, isi aturan yang ada saat ini terlalu luas sehingga dampaknya juga melebar, termasuk ke sektor pertanian.

"Ini kesehatan, tetapi kok mengatur segala hal, bahkan menyangkut cengkeh kita. Padahal, cengkeh adalah bahan baku utama membuat rokok kretek," ujar Budhyman dalam diskusi Halaqoh Nasional “Telaah Rancangan RPP tentang Pelaksanaan UU Kesehatan 2023 terkait Pengamanan Zat Adiktif” yang digelar Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (P3M) di Jakarta, pekan lalu.

Budhyman melanjutkan, isi aturan produk tembakau di RPP Kesehatan mengandung banyak larangan bagi produk tembakau yang dapat menurunkan produksi rokok, sehingga berimbas pada merosotnya serapan cengkeh.

“Saat ini, jumlah petani cengkeh mencapai sekitar 1,5 juta orang. Kalau aturan ini diberlakukan bisa jadi kerugian bagi para petani cengkeh," tuturnya.

Oleh karena itu, petani cengkeh tidak setuju dan tegas menolak aturan produk tembakau di RPP Kesehatan karena akan menurunkan industri.

Aturan tembakau dalam RPP Kesehetan dinilai merugikan petani. Simak selengkapnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close