Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Australia Bahas Pembukaan Kembali Perbatasan Antarnegara Bagian

Jumat, 12 Juni 2020 – 15:27 WIB
Australia Bahas Pembukaan Kembali Perbatasan Antarnegara Bagian - JPNN.COM
Pekan ini kabinet nasional mulai membahas upaya membuka kembali perbatasan Australia sejalan dengan kian menurunnya penyebaran COVID-19. (Supplied: Rachel Walker)

Pemerintah Australia mulai membahas upaya membuka kembali perbatasan antarnegara bagian yang selama ini ditutup akibat pandemi COVID-19. Pelonggaran lainnya ditentukan dalam rapat Kabinet Nasional hari Jumat (12/06).

Untuk menangani penyebaran virus corona, Pemerintahan PM Scott Morrison telah membentuk Kabinet Nasional yang mencakup para kepala negara bagian atau premier. Rapat hari ini merupakan yang kedua kalinya untuk mengambil keputusan terkait COVID-19.

Sejak pertemuan pertama Kabinet Nasional beberapa pekan lalu, banyak perkembangan baru yang terjadi. Termasuk pelonggaran pembatasan sosial di masing-masig negara bagian, dan aksi demontrasi Black Lives Matter besar-besaran di sejumlah kota.

Agenda utama rapat kali ini yakni melaporkan perkembangan langkah-langkah yang telah diambil oleh tiap negara bagian dan bagaimana posisi mereka dalam tiga tahap pelonggaran.

Isu penutupan perbatasan yang berlaku saat ini mulai disoroti oleh para politisi, bahkan termasuk dari Menteri Luar Negeri Selandia Baru, Winston Peters.

Tiga tahapan pelonggaran di Australia

Australia Bahas Pembukaan Kembali Perbatasan Antarnegara Bagian
Pelonggaran aturan pembatasan pergerakan aktivitas di Australia akan dilakukan secara bertahap.

 

Ia menilai, penutupan perbatasan Australia telah menghalangi terciptanya perjalanan trans-Tasman antara kedua negara.

Menteri Perdagangan dan Pariwisata Australia, Simon Birmingham sependapat dengan Menlu Selandia Baru.

Pemerintah Australia mulai membahas upaya membuka kembali perbatasan antarnegara bagian yang selama ini ditutup akibat pandemi COVID-19

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close