Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Australia Menggelar Kegiatan Bertatapan Mata Selama Satu Menit

Jumat, 16 Oktober 2015 – 12:47 WIB
Australia Menggelar Kegiatan Bertatapan Mata Selama Satu Menit - JPNN.COM

Mungkin terdengar aneh, tetapi sejumlah orang tampak duduk saling berhadapan sambil menatap mata masing-masing. Kegiatan ini digelar di Perth, dan beberapa kota besar lain di Australia. Lewat kegiatan ini diharapkan dan membawa hubungan manusia kembali ke ruang publik.

Sekitar 100 orang duduk berhadapan di kawasan Forrest Place, Perth dan saling menatap satu sama lain. Kadang mereka tertawa, ada pula yang menangis, semua berekspresi dengan berbeda-beda. 

Kegiatan ini digagas oleh Liberators International yang berbasis di kota Perth, yang sudah menggelar beberapa kegiatan yang menekankan hubungan dan interaksi sosial antar individu.

Di antara para peserta yang hadir adalah Daisy Kermode dan Rati Richards. Mereka berdua saling memandang selama lebih dari 10 menit.

"Saya berpikir soal cerita kehidupan dari balik bola matanya. Saya benar-benar merasa tenang," ujar Daisy. "Saya tidak melihat kesedihan atau kemarahan, yang terlihat hanya kebahagiaan dan ketenangan. Sempat saya melihat air matanya menetes, dan kemudian mata saya pun ikut berkaca-kaca."

Rati mengaku kalau acaranya ini sangat bagus untuk bertemu dengan orang asing.

Kegiatan interaksi sosial ini pertama kali digagas oleh seniman asal Serbia, Marina Abramovic, yang mengajak orang asing melakukan kontak mata selama satu menit di ruang galeri kosong miliknya.

Australia Menggelar Kegiatan Bertatapan Mata Selama Satu Menit
Sebanyak 100 orang yang tak saling kenal ikut serta dalam kegiatan menatap mata di Perth. Foto: ABC News, Nicolas Perpitch.


Kegiatan ini sudah dua kali digelar di Perth, sebelumnya juga pernah dilakukan kegiatan yang sama  di London dan Berlin. Kegiatan menatap orang asing yang digelar hari Kamis (15/10) juga diadakan di 140 kota secara bersamaan.

Mungkin terdengar aneh, tetapi sejumlah orang tampak duduk saling berhadapan sambil menatap mata masing-masing. Kegiatan ini digelar di Perth, dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA