Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

'Avatar' Tembus USD 1 Miliar

Senin, 04 Januari 2010 – 13:50 WIB
'Avatar' Tembus USD 1 Miliar - JPNN.COM
SUKSES - Jumpa pers jelang rilis film Avatar di Beijing, akhir Desember 2009 lalu, bersama CEO Fox Filmed Entertainment Jim Gianipulos (kiri), sutradara James Cameron, serta produser Jon Landau. Foto: Andy Wong/Associated Press.
LOS ANGELES - Avatar, salah satu film paling 'beresiko' itu, kini resmi menjadi salah satu film tersukses di box office. Saat pertama dirilis di layar lebar, pemasukannya tampak menjanjikan, meski masih membuat khawatir 20th Century Fox (studio yang mendistribusikan, Red). Terutama karena respon awalnya tak begitu luar biasa, sementara biaya yang sudah diinvestasikan - bersama dua lembaga partner lain - dalam memproduksi film yang juga dibuat versi 3D-nya itu mencapai USD 430 juta.

Namun rupanya, kurang dari tiga pekan kemudian, sebagaimana ditulis LA Times, Senin (4/1) siang, kekhawatiran itu tak perlu ada lagi. Kisah epik bergenre science-fiction karya sutradara sukses James Cameron itu nyatanya menjadi satu dari lima film saja dalam sejarah yang meraih penghasilan kotor USD 1 miliar di seluruh dunia, dan sejauh ini malah merupakan film tercepat dalam sejarah yang mampu mencapainya.

Tiga hari pertama di tahun 2010 ini agaknya turut membantu, yang memang merupakan periode spektakuler bagi industri film pada umumnya. Sebuah masa 'panen' dalam meraih sejumlah besar pemasukan, apalagi lantaran dari Hollywood khsusnya, tak ada film baru yang dirilis akhir pekan lalu. Kendati begitu, hampir semua film di daftar 10 besar box office tercatat mengalami penurunan penghasilan hingga 38 persen dari pekan sebelumnya - namun masih dipandang lazim dalam periode ini.

Menariknya, sementara itu tiga dari empat film yang dirilis pekan sebelumnya, yakni Sherlock Holmes, Alvin and the Chipmunks: The Squeakquel, serta It's Complicated, nampak meraih penghasilan cukup menjanjikan. Sementara film Nine tak berhasil menggaet banyak pemasukan, bahkan sejak rilis hari pertamanya yang memang cukup buruk. Demikian antara lain catatan dari Hollywood.com.

LOS ANGELES - Avatar, salah satu film paling 'beresiko' itu, kini resmi menjadi salah satu film tersukses di box office. Saat pertama dirilis di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA