Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Awas, Ada 120 Fintech Ilegal Bergentayangan

Kamis, 30 Januari 2020 – 21:02 WIB
Awas, Ada 120 Fintech Ilegal Bergentayangan - JPNN.COM
Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L. Tobing (kiri). Foto: ANTARA/Khaerul Izan

jpnn.com, JAKARTA - Satuan Tugas (Satgas) Waspada Investasi menemukan 120 entitas yang melakukan kegiatan fintech peer to peer lending secara ilegal. Menurut Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam Lumban Tobing, ke-120 entitas fintech itu tak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) .

"Banyak kegiatan fintech  peer to peer lending ilegal pada website, aplikasi atau penawaran melalui SMS yang beredar. Masyarakat selalu kami minta waspada agar memanfaatkan daftar fintech  peer to peer lending yang terdaftar di OJK," kata Tongam dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (30/1).

Tongam menegaskan, masyarakat harus terus diingatkan untuk berhati-hati ketika ada tawaran pinjaman secara mudah dari perusahaan fintech peer to peer lending. Sebab, masyarakat yang meminjam tetap diharuskan mengembalikan dana pinjaman dari fintech.

"Meminjam uang di mana pun harus bertanggung jawab untuk membayarnya. Bahayanya jika meminjam di fintech peer to peer lending ilegal, masyarakat bisa jadi korban ancaman dan intimidasi jika menunggak pinjaman," katanya.

Tongam memerinci, Satgas Waspada Investasi pada tahun lalu menghentikan kegiatan 1.494 fintech peer to peer lending ilegal. Sejak 2018 hingga Januari 2020, Satgas Waspada Investasi sudah menangani 2.018 entitas fintech bermasalah.

Selain itu, Satgas Waspada Investasi juga menghentikan 28 kegiatan usaha yang diduga melakukan kegiatan usaha tanpa izin dari otoritas yang berwenang dan berpotensi merugikan masyarakat. Ke-28 entitas tersebut terdiri dari 13 perdagangan forex tanpa izin, 3 penawaran pelunasan utang, 2 investasi money game, 2 equity crowdfunding ilegal, 2 multi level marketing tanpa izin, 1 investasi sapi perah, 1 investasi properti, 1 pergadaian tanpa izin, 1 platform iklan digital, 1 investasi cryptocurrency tanpa izin, serta dan 1 koperasi tanpa izin.

Untuk menampung pengaduan, konsultasi dan sosialisasi langsung mengenai berbagai persoalan terkait investasi, fintech lending dan gadai swasta ilegal, Satgas telah membuka Warung Waspada Investasi. Lokasinya di The Gade Coffee & Gold, Jalan H. Agus Salim, Jakarta Pusat yang beroperasi setiap Jumat pukul 09.00 – 11.00 WIB.(antara/jpnn)

Satuan Tugas (Satgas) Waspada Investasi menemukan 120 entitas yang melakukan kegiatan fintech peer to peer lending secara ilegal.

Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close