Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Awas! Ada Hoaks Catut Kiai Ma'ruf Sebut Pahala Donasi Lewat Konser Melebihi Puasa

Kamis, 21 Mei 2020 – 08:44 WIB
Awas! Ada Hoaks Catut Kiai Ma'ruf Sebut Pahala Donasi Lewat Konser Melebihi Puasa - JPNN.COM
Wapres Ma'ruf Amin. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Beberapa hari terakhir ini Wakil Presiden Ma’ruf Amin jadi sasaran hoaks di media sosial.

Sebuah konten yang seolah-olah tangkapan layar (screenshot) dari berita jpnn.com memuat hoaks tentang Wapres RI yang juga kiai itu menyatakan pendapatnya soal pahala donasi melalui konser amal COVID-19.

Narasi dalam konten hoaks itu adalah Wapres Tidak Masalah Konser di Bulan Ramadhan Malah Anda Ikut Nonton dan Ikut Berdonasi Pahalanya Melebihi Berpuasa. Hoaks itu menyebar pertama kali melalui Facebook.

Pihak Istana Wapres RI pun menepis hoaks itu. Menurut Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi, tidak mungkin Kiai Ma’ruf membuat pernyataan seperti itu.

“Tidak pernah wapres bicara soal itu, karena beliau saat ini kalau berbicara (kepada media, red) pasti lewat saya,” ujarnya kepada jpnn.com.

Cak Duki -panggilan kondangnya- menambahkan, Kiai Ma'ruf pada masa pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tidak pernah berbicara langsung kepada media. Jumpa pers mingguan Kiai Ma’ruf pun ditiadakan.

“Lebih banyak kalau ada wartawan bertanya itu pun lewat saya. Jadi tidak pernah kami membahas soal begitu,” tutur mantan anggota DPR itu.

Redaksi jpnn.com memastikan tidak pernah membuat berita dengan judul itu. Pada hari, tanggal dan jam tayang berita yang ada dalam rekaan screenshot itu (Senin 18 Mei 2020 pukul 05.30 WIB), redaksi jpnn.com justru mengunggah berita berjudul Wapres Menyayangkan Khofifah Mengizinkan Salat Idulfitri Berjemaah di Masjid.

Beberapa hari terakhir ini Wakil Presiden Ma’ruf Amin jadi sasaran hoaks di media sosial yang menggunakan konten seolah-olah tangkapan layar dari jpnn.com.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close