Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Awas, Pergerakan Tanah Masih Terjadi di Lokasi Longsor Sumedang

Selasa, 12 Januari 2021 – 00:48 WIB
Awas, Pergerakan Tanah Masih Terjadi di Lokasi Longsor Sumedang - JPNN.COM
Petugas melakukan pencarian korban bencana tanah longsor di Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Foto: ANTARA/HO-Basarnas

jpnn.com, SUMEDANG - Pergerakan tanah di lokasi bencana tanah longsor kawasan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, masih terjadi sehingga menjadi kendala saat proses pencarian korban di lokasi itu.

"Ini (pergerakan) kendala yang kita (petugas, red) hadapi. Ketika ada pergerakan tanah sedikit, langsung pencarian dihentikan sementara," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung Deden Ridwansyah di lokasi longsor Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Senin (11/1).

Ia menuturkan, hari ketiga pencarian ini tim gabungan berusaha untuk terus mencari korban yang diduga masih tertimbun material longsoran tanah.

Selama proses pencarian, kata dia, petugas di lapangan tetap meningkatkan kewaspadaan dan hati-hati karena potensi pergerakan tanah masih terjadi di daerah itu.

"Jangan sampai ada longsoran susulan. Jangan sampai petugas terancam keselamatannya," kata Deden.

Ia menyampaikan pihaknya memasang alat pendeteksi peringatan dini pergerakan tanah sekaligus menyiagakan petugas untuk memantau langsung dan memberitahukan kepada petugas apabila ada potensi pergerakan.

Petugas di lapangan, lanjut dia, bekerja 24 jam menggunakan peralatan khusus seperti ekskavator untuk memudahkan pencarian korban yang saat ini masih hilang di lokasi longsor.

"Kita (petugas, red) akan maksimalkan bekerja 24 jam," katanya.

Proses pencarian korban di lokasi longsor Sumedang terkendala akibat masih terjadinya pergerakan tanah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close