Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ayam Pegunungan Tiongkok, Liar tapi Mempesona

Senin, 05 Februari 2018 – 02:41 WIB
Ayam Pegunungan Tiongkok, Liar tapi Mempesona - JPNN.COM
Seorang anak melihat ayam jenis Golden pheasant di PTC. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Deretan jenis ayam hias dipamerkan di Funimal Expo Unggas Hias, Pakuwon Trade Center, kemarin. Salah satu yang menyita banyak perhatian adalah jenis golden pheasant. Ayam itu ditaruh di sebuah kandang besar di area tengah. ''Ini (ayam) liar sekali. Pernah suatu saat lepas, untungnya di dalam ruangan. Kalau terbang, tingiiiiiiii,'' ucap pemiliknya, Patmono Jelantik. 

Golden pheasant merupakan jenis unggas yang hidup di hutan-hutan pegunungan Tiongkok yang dingin. Ayam sulit jinak.Supaya tidak stres, Patmono membuatkan kandang jauh dari hilir mudik orang-orang. 

Meski begitu, golden pheasant sangat populer di kalangan pencinta ayam hias karena mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Ia mampu hidup di suhu ekstrem, panas atau dingin. Makanannya pun cenderung mudah. Yakni beras merah, jagung, dan ulat hongkong (tenebrio molitor).

Ayam itu memiliki postur mirip burung. Ciri khasnya ada pada bulu yang memiliki bermacam kombinasi seperti emas, kuning, merah, dan biru. ''Ayam ini cukup jarang di Indonesia,'' ujar Patmono. (esa/c19/ayi)

Meski begitu, golden pheasant sangat populer di kalangan pencinta ayam hias karena mudah beradaptasi dengan lingkungan baru

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close