Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Baca Nih 7 Cara Mencegah Kanker Usus Besar

Selasa, 05 April 2016 – 13:38 WIB
Baca Nih 7 Cara Mencegah Kanker Usus Besar - JPNN.COM
ILUSTRASI. FOTO: Fox News

jpnn.com - Kanker usus besar adalah jenis yang paling umum ketiga kanker dan penyebab utama kedua kematian pada pria dan wanita di Amerika Serikat. Tahun ini, American Cancer Society memperkirakan akan ada lebih dari 95.000 kasus baru kanker usus besar didiagnosis.

Namun kabar baiknya adalah bahwa kematian akibat kanker usus besar di AS menurun. Ini temuan sesuai laporan terbaru dalam jurnal Gut.

Meskipun ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko, para ahli sepakat bahwa karena diet dan gaya hidup juga memainkan peran besar. Ada hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kanker usus besar.

1. Lakukan kolonoskopi

“Perawatan kanker usus besar jauh lebih bisa ditangani jika Anda bisa mendeteksi itu pada tahap yang sangat awal,” kata seorang dokter pengobatan integratif, Dr. Vincent M. Pedre, seperti dilansir laman Fox News, Senin (4/4).

Kolonoskopi adalah standar emas untuk mendeteksi kanker usus besar stadium awal dan dianjurkan pada usia 50 tahun dan kemudian setiap sepuluh tahun.

2. Pertimbangkan pengujian genetik

Tanyakan kepada dokter Anda tentang tes genetik M2-PK, enzim khusus untuk sel-sel usus yang bisa dideteksi dalam tinja dan sekitar 85 persen sensitif terhadap mendeteksi kanker usus besar stadium awal.

Kanker usus besar adalah jenis yang paling umum ketiga kanker dan penyebab utama kedua kematian pada pria dan wanita di Amerika Serikat. Tahun ini,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close