Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Baca Pidato Nadiem Makarim, Cak Imin: Alfatihah

Minggu, 24 November 2019 – 07:42 WIB
Baca Pidato Nadiem Makarim, Cak Imin: Alfatihah - JPNN.COM
Nadiem Makarim. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pidato Nadiem Makarim untuk memperingati Hari Guru jadi perbincangan di media sosial. Mendikbud Nadiem sebenarnya belum membacakan naskah pidato itu, karena upacara Hari Guru baru berlangsung, Senin (25/11) besok.

Namun, sejak Jumat, naskah pidato Nadiem sebanyak dua halaman itu sudah beredar luas di masyarakat. Situs Kemendikbud mengunggah naskah pidato itu sejak Jumat lalu. Akun Twitter resmi Kemendikbud, @Kemendikbud_RI, juga mengunggahnya. Isi naskah pidatonya tidak biasa.

Di bagian awal naskah pidato itu, Nadiem langsung bikin gebrakan. "Bapak dan Ibu Guru yang saya hormati, biasanya tradisi Hari Guru dipenuhi oleh kata-kata inspiratif dan retorik. Mohon maaf, tetapi hari ini pidato saya akan sedikit berbeda. Saya ingin berbicara apa adanya, dengan hati yang tulus, kepada semua guru di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke," demikian isi bait pertamanya.

Nadiem lantas menyampaikan perspektif baru tentang dunia pendidikan. Salah satunya soal tugas guru yang dia nilai sangat mulia, sekaligus sangat sulit, 'Anda ingin membantu murid yang mengalami ketertinggalan di kelas, tetapi waktu Anda habis untuk mengerjakan tugas administratif tanpa manfaat yang jelas'.

Nadiem menekankan, sebenarnya para guru sudah tahu bahwa potensi anak tidak dapat diukur dari hasil ujian. Sayangnya, selama ini guru terpaksa mengejar angka karena didesak berbagai pemangku kepentingan. Ditambah lagi dengan desakan kurikulum yang padat, ukuran kemampuan berkarya, hingga tidak adanya kepercayaan untuk berinovasi.

Ia pun mengajak para guru menemukan bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri dan membantu guru lain yang mengalami kesulitan. Nadiem meminta guru melakukan perubahan kecil di kelas tanpa menunggu perintah terlebih dulu. Nadiem berjanji tidak akan pernah membuat janji kosong kepada guru.

Tak lama setelah naskah pidato diunggah akun @Kemendikbud_RI, postingan ini pun viral. Warganet ramai-ramai mengomentari pidato menyentuh dan memesona Nadiem. Salah satunya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, lewat akun twitter-nya @ganjarpranowo. "Pidato Pak Mendikbud ini 2 lembar, isinya langsung pada persoalan. Kalau dibacakan dalam upacara pasti cepat selesai. Simak baik-baik isinya! Apa komentarmu?" cuitnya Ganjar menyertakan teks pidato Nadiem.

Akun @raidntargaryen mengaku bangga. "Kami bangga, harus punya ketertarikan untuk belajar, melalui guru murid akan sadar betapa pentingnya pendidikan, terimakasih Pak Nadiem," kata dia.

Pidato Nadiem Makarim tersebut sebenarnya baru dibacakan Senin besok, tetapi sudah viral sejak Jumat lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close