Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bacakan Pleidoi, Eks Tim Asistensi Menko Perekonomian Mengaku Hanya Ingin Membantu

Kamis, 29 Desember 2022 – 11:12 WIB
Bacakan Pleidoi, Eks Tim Asistensi Menko Perekonomian Mengaku Hanya Ingin Membantu - JPNN.COM
Tim Asistensi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Weibinanto Halimdjati alias Lin Che Wei. Ilustrasi Foto: Antara/Laily Rahmawaty

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Tim Asistensi Menko Perekonomian, Lin Che Wei berharap majelis hakim adil dalam memutuskan perkara dugaan korupsi penerbitan persetujuan ekspor crude palm oil (CPO) dan produk turunannya.

Dia mengingatkan hakim jangan sampai karena putusan ini nantinya membuat takut orang-orang yang berniat baik membantu pemerintah dalam mengatasi kesulitan.

“Saya memohon majelis hakim mempertimbangkan putusan yang akan dibuat, terutama mengingat saya melakukan hal ini semua semata-mata untuk membantu negara yang berada dalam keadaan darurat,” kata Lin Che Wei saat membacakan nota pembelaan atau pleidoi di Pengadilan Tipikor Jakarta pada PN Jakpus, Selasa (28/12).

Lin Che Wei menilai putusan hakim bisa menimbulkan sinyal negatif yang membuat jera pihak-pihak yang berniat baik membantu pemerintah, termasuk government relation officers, penasihat kebijakan, dan pelaku usaha.

Menurut dia, pada masa krisis kemarin, pihak-pihak yang mencoba membantu sebagian besar merupakan produsen minyak goreng yang berorientasi ekspor yang tidak mempunyai jalur distribusi seekstensif produsen lokal.

Meskipun mereka memproduksi minyak goreng secara besar, tetapi mereka tidak menguasai jalur distribusi dalam negeri, sehingga tidak serta merta barang tersebut tersedia di level ritel.

Lin Che Wei mengeklaim dirinya berniat membantu Kementerian Perdagangan mengatasi kelangkaan minyak goreng, sehingga tidak tepat diseret pidana. Dia mengaku tidak punya motif ekonomi maupun niat jahat untuk merugikan negara.

“Sebagai manusia tentu saja saya mempunyai banyak kelemahan dan kesalahan, namun saya yakin semua yang saya lakukan selama periode Januari sampai Maret 2022 tidak ada yang layak untuk dikategorikan sebagai tindak pidana korupsi karena saya bukan mafia,” ucapnya.

Lin Che Wei mengingatkan hakim jangan sampai karena putusan ini nantinya membuat takut orang-orang yang berniat baik membantu pemerintah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close