Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bachtiar Chamzah Dituntut Tiga Tahun

Selasa, 22 Februari 2011 – 16:58 WIB
Bachtiar Chamzah Dituntut Tiga Tahun - JPNN.COM
JAKARTA-Mantan Menteri sosial Bachtiar Chamsyah (BC), dituntut tiga tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum dalam sidang Pengadilan Tipikor, selasa (22/2). Bachtiar tersangkut kasus pengadaan mesin jahit, sapi impor dan pengadaan sarung. “Terdakwa terbukti menyalahgunakan wewenang ,” tegas Supardi, salah seorang JPU yang membacakan tuntutannya di persidangan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi.

Menurut JPU penunjukkan langsung terhadap perusahaan yang melaksanakan proyek di Depsos yaitu pengadaan mesin jahit, sapi impor, dan sarung telah merugikan negara sebesar Rp 35, 7 miliar. Meskipun tidak menikmati uang hasil korupsi tersebut, BC dianggap bersalah karena telah memperkaya orang lain dari praktik penyimpangan yang dilakukannya tersebut.

Karena tidak terbukti menikmati, maka oleh JPU BC tidak dikenakan kewajiban untuk mengganti  kerugian negara yang terjadi akibat pelaksanaan proyek di kementeriannya tersebut. Justru rekanan yang mengerjakan telah mengembalikan Rp 2,8 miliar kepada negara pada persidangan sebelumnya.

Selain menuntut mantan politisi senior PPP ini tiga tahun penjara, JPU juga mengenakan denda sebesar Rp 100 juta atau subsider tiga bulan kurungan.  BC dijerat oleh JPU dengan Pasal 3 jo Pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Tipikor jo Pasal 55 Ayat (1) Ke-1 jo Pasal 65 Ayat 1 KUHP.

JAKARTA-Mantan Menteri sosial Bachtiar Chamsyah (BC), dituntut tiga tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum dalam sidang Pengadilan Tipikor, selasa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close