Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Badai Siklon Seroja Menghancurkan Rumah Warga di Kupang

Senin, 05 April 2021 – 06:57 WIB
Badai Siklon Seroja Menghancurkan Rumah Warga di Kupang - JPNN.COM
Dampak pascabanjir bandang di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Minggu (4/4). Foto: ANTARA/HO-BNPB

jpnn.com, KUPANG - Siklon tropis Seroja hingga saat ini masih mengepung Kota Kupang dan sekitarnya di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Rumah warga rusak disapu badai yang terjadi sejak Minggu kemarin itu. Badai, hujan dan angin kencang membuat pohon tumbang dan banjir sehingga sebagian warga tidak bisa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

PLN memadamkan listrik sejak Minggu malam untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi saat badai

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini atas potensi terjadinya siklon tropis atau sistem tekanan udara rendah, di wilayah Indonesia pada Senin dini hari pukul 01.00 WIB dini hari tadi. Terutama di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers virtual mengatakan bibit siklon tropis 99S yang sudah dideteksi sejak 2 April 2021 terjadi di NTT.

"BMKG sudah memberikan peringatan dini di NTT, diprediksi sekitar pukul 01.00 WIB akan benar-benar menjadi siklon tropis," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Minggu malam.

Dwikorita menyampaikan prediksi atas terjadinya siklon tropis itu dikeluarkan Tropical Cyclone Warning Center Jakarta di BMKG. Dikhawatirkan dampak dari siklon tropis itu akan semakin menguat.

Dia menyampaikan posisi sistem siklon tersebut akan berada di sekitar Samudra Hindia Barat Daya Pulau Rote, dengan arah gerak sistem ke arah barat daya.

Badai, hujan dan angin kencang membuat pohon tumbang dan banjir sehingga sebagian warga tidak bisa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close