Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bagaimana Peluang Gibran Jadi Kandidat Wali Kota Surakarta Usai Bertemu Megawati?

Jumat, 25 Oktober 2019 – 16:30 WIB
Bagaimana Peluang Gibran Jadi Kandidat Wali Kota Surakarta Usai Bertemu Megawati? - JPNN.COM
Gibran Rakabuming Raka. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Nasional (Unas) TB Massa Jafar memprediksi DPP PDI Perjuangan bakal mengusung Gibran Rakabuming Raka sebagai kandidat Wali Kota Surakarta.

Prediksi tersebut menyusul langkah Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri menerima kehadiran putra Presiden Joko Widodo itu di kediamannya, Jalan Teuku Umar, Jakarta, Kamis (24/10) kemarin.

“Bisa saja (PDIP akhirnya mendukung Gibran, red). Tetapi pada akhirnya yang diperlukan itu tak hanya dukungan. Sudah menjadi rahasia umum, dia punya sumber daya ekonomi enggak? Kan ada kecenderungan begitu, baik didukung PDIP maupun partai lain," ujar Massa Jafar kepada JPNN.com, Jumat (25/10).

Lebih lanjut, Direktur Program Doktoral Ilmu Politik Sekolah Pascasarjana Unas ini mengaku, tidak melihat ada hal menarik untuk disoroti dari dinamika maju tidaknya Gibran di Pilwalkot Surakarta.

Pasalnya, ada kecenderungan pertarungan politik memperebutkan posisi kunci di pemerintahan maupun di politik belakangan ini, mengedepankan pragmatisme.

"Itu kekurangannya, pragmatisme, jadi apa pun manuver yang dilakukan, secara sederhana terlihat tak lebih dari pertarungan pragmatisme," ucapnya.

Jafar juga mengaku sangat prihatin melihat kondisi yang ada, karena akibatnya sangat tidak baik bagi perjalanan demokrasi ke depan.

"Demokrasi sudah bebas, tetapi kemudian kebebasan itu belum menunjukkan setiap elite yang bertarung membawa harapan baru, perubahan ke depan. Padahal itulah yang ditunggu masyarakat," katamya.

Pengamat politik dari Universitas Nasional (Unas) TB Massa Jafar memprediksi DPP PDI Perjuangan bakal mengusung Gibran Rakabuming Raka sebagai kandidat Wali Kota Surakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close