Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bahan Daur Ulang untuk Kapstok

Rabu, 16 Januari 2019 – 20:09 WIB
Bahan Daur Ulang untuk Kapstok - JPNN.COM
Toib dan Fajar. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SIDOARJO - Kreatifitas Toib dan Fajar Mubarok patut diacungi jempol. Dua warga Desa Gempolsari, Tanggulangin, itu memanfaatkan cacahan sampah plastik menjadi kapstok. Barang kreasi mereka pun banyak diminati konsumen. "Dalam sehari, kami bisa membuat 20 gros," kata Fajar kemarin (15/1).

Dia bercerita, kapstok terbilang sederhana. Namun, barang tersebut sangat dibutuhkan. Para ibu mencarinya untuk menggantungkan baju hingga sebagai alat jemuran. Harganya pun relatif murah. Setiap lusin hanya Rp 5 ribu. "Apalagi bahannya dari daur ulang plastik. Jadi sekalian mengurangi volume sampah," ucapnya.

Pembuatan kapstok tidak semata dari bahan daur ulang. Untuk membuatnya, potongan plastik harus dioplos dengan bijih plastik lebih dulu. Setelah bercampur, oplosan itu dijemur sampai kering. Nah, hasil oplosan plastik tersebut kemudian dimasukkan ke tabung yang terhubung mesin.

Prosesnya cepat. Setiap satu menit, 2 kapstok bisa dibuat. Namun, pemakaian listrik cukup besar. "Walau besar, hasil dari produksi kami masih mencukupi untuk membayar biaya tersebut," jelasnya.

Pembuatan kapstok tidak semata dari bahan daur ulang. Untuk membuatnya, potongan plastik harus dioplos dengan bijih plastik lebih dulu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close