Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bahan Plastik Untuk ke Pesta

Jumat, 21 September 2018 – 22:51 WIB
Bahan Plastik Untuk ke Pesta - JPNN.COM
Busana berbahan dasar plastik karya Diana. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Jika biasanya kita memakai plastik sebagai penutup tubuh di kala hujan, di tangan seorang desainer asal Surabaya Diana Halim, bahan plastik itu bisa diubah menjadi dress cantik untuk ke pesta. "Ini bahan plastik yang biasanya dipakai untuk trench coat," jelasnya.

Diana mencetuskan ide itu saat hunting kain di Tiongkok. "Saat pegang bahannya, tiba-tiba kepikiran kalau dijadikan dress, gimana ya?" kenang Diana.

Baginya, jenis plastik tersebut cukup tebal dan berat. Hal itu justru jadi keunggulan bagi Diana. "Flowydan jatuhnya bagus. Beda dengan organza yang lebih ringan," jelas perempuan berusia 29 tahun itu. Dress tersebut didesain tanpa lengan dengan pengait di bagian perut. 

Desainnya yang transparan dari atas hingga bawah lutut membuat pemakainya harus mencari paduan pakaian yang cocok sebagai dalaman. Kali ini dia memadukannya dengan bralette putih dan rok tutu. "Bisa juga dipadukan dengan celana," tambahnya. Diana juga menekankan pentingnya pemilihan warna. "Lebih mewah kalau putih semua, tapi pastel juga bisa," imbuhnya.

Diana menambahkan sentuhan embroidery bunga di lingkar pinggang dan pundak agar plastic dress itu tampak mewah. "Salah satu lengan kubuat ber-layer seperti kelopak bunga," ungkapnya. Diana juga menambahkan aksen embroidery akar yang seakan-akan bersambung dengan lengan.

Bukan tanpa tantangan, Diana harus berpikir keras agar dress tersebut bisa memberikan sirkulasi yang baik bagi pemakainya. "Karena kalau keringatan, kelihatan nempel gitu kan plastiknya," jelasnya.

Selain plastic dress, Diana membuat geometry dress. Dress dengan desain tak simetris itu menggunakan bahan kain silk organza yang ringan dan tipis. "Biar nggak melulu bunga, jadi cari yang nggak simetris gini," ucapnya, kemudian tertawa. Bahan dengan corak tak simetris, menurut dia, sulit dicari. Diana menggunakan prinsip origami sehingga gaunnya terlihat dilipat-lipat tak simetris dan bertumpuk.

Di bagian pinggang, Diana memberikan sentuhan sabuk velvet hitam. Aksen kecil itu sangat penting agar tak terlihat lurus monoton. "Biar membentuk waistline dan terlihat kurus," ucap ibu dua anak tersebut. (dya/c6/end) 

Diana menambahkan sentuhan embroidery bunga di lingkar pinggang dan pundak agar plastic dress itu tampak mewah

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close