Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Balap Malam Singapura Milik Alonso

Malam Buruk Ferrari di Jalanan Marina Bay

Senin, 29 September 2008 – 04:52 WIB
Balap Malam Singapura Milik Alonso - JPNN.COM
Fernando Alonso mengusung tropi di podium GP Singapura.
SINGAPURA – Grand Prix Singapura yang pertama bakal menjadi balapan yang sangat dikenang. Bukan hanya karena menjadi lomba Formula 1 pertama di malam hari, juga karena serunya aksi di lintasan Marina Bay sepanjang lima kilometer tersebut.

Saking serunya, hasil lomba jauh di luar prediksi kebanyakan orang. Bukannya Ferrari atau McLaren-Mercedes yang menang, melainkan sebuah mobil Renault! Yang finis kedua juga bukan dua tim papan atas itu, melainkan sebuah Williams-Toyota!

Minggu malam (28/9), Fernando Alonso mampu mencuri GP Singapura. Berkat sedikit keberuntungan dalam hal timing pit stop dan keluarnya safety car, sang juara dunia dua kali pun menjadi orang pertama yang menang balapan F1 di malam hari.

Padahal, usai kualifikasi Sabtu malam lalu, dia sudah “menyerah.” Gara-gara mengalami kerusakan mobil, dia hanya mampu meraih posisi start ke-15. Dan di lintasan jalanan seperti Singapura, menyalip adalah hal yang nyaris mustahil.

Lomba semestinya, memang milik Felipe Massa (Ferrari) atau Lewis Hamilton (McLaren-Mercedes). Keduanya start terdepan, keduanya sama-sama jagoan jalanan, sama-sama sudah menang sekali di lomba jalanan tahun ini (Massa di Valencia, Spanyol, Hamilton di Monaco). Dan ketika lomba dimulai, keduanya memang seperti berada di kelas yang berbeda. Sayang, lomba berjalan tidak seperti yang mereka rencanakan.

Alonso, yang start jauh di belakang para leader, tampil agresif sejak awal. Dengan ban lunak dan sedikit bahan bakar, dia menyalipi satu per satu pesaing. Pada lap ke-11 dari 61 yang dijadwalkan, dia sudah di urutan 11. Satu lap kemudian, dia menjadi pembalap pertama yang menjalani pit stop.

Timing Alonso ini jauh lebih dini dari yang lain. Kebanyakan berencana melakukan dua stop, yang pertama dijadwalkan di kisaran lap 20. Tapi ternyata, timing Alonso ini yang paling jitu.

Dua lap kemudian, rekan Alonso di Renault, Nelson Piquet Jr., mengalami kecelakaan. Safety car pun harus keluar pada lap 17 untuk memberi waktu petugas mengamankan mobil Piquet.

SINGAPURA – Grand Prix Singapura yang pertama bakal menjadi balapan yang sangat dikenang. Bukan hanya karena menjadi lomba Formula 1 pertama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close