Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Balitbangtan Bertransformasi Jadi BSIP, SYL: Proses Perjalanan Membangun Pertanian

Sabtu, 17 Desember 2022 – 16:37 WIB
Balitbangtan Bertransformasi Jadi BSIP, SYL: Proses Perjalanan Membangun Pertanian - JPNN.COM
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) melaunching Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) yang merupakan transformasi dari Balitbangtan. Foto: Dok BSIP

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) melaunching Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) yang merupakan transformasi dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan).

Transformasi itu mengubah tugas dan fungsi yang sebelumnya berfokus pada penelitian dan pengembangan pertanian menjadi standardisasi instrumen pertanian.

BSIP terbentuk sesuai dengan terbitnya Perpres 117 Tahun 2022 tentang Kementerian Pertanian pada 21 September 2022.

"Badan ini baru tetapi sebenarnya nilai yang sangat hakiki dari hadirnya instrumen pertanian ini adalah sesuatu yang dibutuhkan besok harus makin modern. Oleh karena itu kita berharap Litbang sudah selesai memang, tetapi instrumen pertanian harus bisa lebih baik dari sebelumnya," ujar SYL di Hotel Sultan Jakarta.

Menurut SYL, sektor pertanian merupakan sektor yang paling dibutuhkan oleh masyarakat dunia. Karena itu, pertanian tidak mungkin bisa berkembang dengan baik apabila tidak ada litbang dan instrumen pertanian yang mengawalnya. Bahkan pertanian menjadi sektor yang paling strategis untuk pertahanan sebuah bangsa.

"Oleh karena itu kami launching hari ini instrumen pertanian untuk menuju sebuah proses penting dalam perjalanan membangun pertanian," kata SYL.

Dia pun berpesan agar semua orang baik petani, akademisi maupun pejabat harus memiliki nilai yang sama, yaitu sama-sama mau membela bangsa dan negara.

Apalagi kehadiran BSIP bisa menjadi modal yang sangat kuat dalam menjadikan pertanian sebagai solusi pasti dari berbagai persoalan dunia.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) melaunching Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) yang merupakan transformasi dari Balitbangtan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close