Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bambang: Pangkalan Militer di Kutai Kartanegara, Istana Presiden di Penajam Paser Utara

Sabtu, 31 Agustus 2019 – 08:01 WIB
Bambang: Pangkalan Militer di Kutai Kartanegara, Istana Presiden di Penajam Paser Utara - JPNN.COM
Menteri PPN/Bappenas, Bambang Brodjonegoro. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro mengungkap pemerintah akan membangun pangkalan militer baru di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Bambang mengatakan hal tersebut dalam dalam wawancara eksklusif dengan para pimpinan Rakyat Merdeka di kantor Bappenas, Jakarta, Jumat (30/8).

"Rencananya, Kutai Kartanegara disiapkan untuk military base. Terutama, untuk Angkatan Laut dan Angkatan Udara. Sedangkan pangkalan Angkatan Darat, diposisikan dekat Istana Presiden, di Penajam Paser Utara," ujarnya.

BACA JUGA: Ari Darmastuti Usul Pemindahan Ibu Kota Dikaji Ulang dari 3 Aspek

Sebelumnya, Rabu (28/8), Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan, desain ibu kota baru telah mempertimbangkan aspek pertahanan dan keamanan nasional. Tak hanya itu, pemerintah juga menghitung perkembangan teknologi di masa depan.

Moeldoko menilai, lokasi ibu kota baru lebih aman dibandingkan Jakarta. Ibu kota baru disebut mempunyai banyak hutan, sehingga memudahkan apabila ada pertempuran.

"Dari sisi lindung tembaknya, Kalimantan cukup memadai untuk pertempuran berlanjut. Karena didukung oleh hutan-hutan, yang relatif masih bisa digunakan untuk bertempur sangat baik," kata Moeldoko.

Diketahui, Presiden Jokowi telah mengumumkan lokasi ibu kota baru RI yakni di sebagian wilayah Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. (hes/rmco)

Kutai Kartanegara disiapkan untuk pangkalan militer, terutama untuk AL dan AU. Sedangkan basis AD di dekat Istana Presiden.

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close