Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bamsoet Ajak Negara di Dunia Bersatu Hadapi Perubahan Iklim

Senin, 21 Maret 2022 – 09:39 WIB
Bamsoet Ajak Negara di Dunia Bersatu Hadapi Perubahan Iklim - JPNN.COM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajak seluruh petinggi di seluruh negara di dunia agar bisa bersatu untuk menghadapi perubahan iklim.). (ANTARA/YouTube Sekretariat Presiden)

jpnn.com, BALI - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajak seluruh petinggi nagara di seluruh di dunia agar bisa bersatu untuk menghadapi perubahan iklim.

Menurut dia, negara maju harus berani bergerak menanamkan investasi di berbagai negara berkembang yang memiliki potensi energi baru terbarukan.

Untuk itu, butuh dorongan parlemen dari berbagai negara yang tergabung dalam Inter-Parliamentary Union (IPU) agar bisa menggerakan pemerintahan di masing-masing negaranya melakukan aksi nyata memperbesar investasi di sektor energi baru terbarukan.

Hal tersebut diungkapkan sebagaimana ditegaskan Presiden Joko Widodo saat membuka IPU, bahwa pembicaraan mengenai perubahan iklim sering dibahas di tataran global.

"Presiden Jokowi mengingatkan kami menghadapi sebuah hal yang mengerikan jika tidak berani memobilisasi berbagai kebijakan dalam menghadapi perubahan iklim, baik ditingkat parlemen maupun di pemerintah," ungkap Bamsoet di Bali, Minggu(20/3) malam.

Dia menambahka Indonesia sangat serius menghadapi perubahan iklim, khususnya dalam mengembangkan potensi energi baru terbarukan.

Salah satunya ditunjukan oleh Presiden Jokowi dan juga parlemen dalam menggalakan berbagai potensi energi baru terbarukan di Indonesia yang sangat melimpah, mencapai 418 GigaWatt (GW).

Antara lain bersumber dari Matahari/Surya yang bisa mencapai 207,8 GW; Air mencapai 75 GW, Angin mencapai 60,6 GW, Bioenergi mencapai 32,6 GW, Panas Bumi mencapai 23,9 GW, dan Arus Laut mencapai 17,9 GW.

Ketua DPR RI ke-20 itu menjelaskan salah satu contoh konkrit pemerintah menghadapi perubahan iklim terlihat dari dikeluarkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 98 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan nilai ekonomi karbon (NEK).

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajak seluruh petinggi di seluruh negara di dunia agar bisa bersatu untuk menghadapi perubahan iklim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close