Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com
Peringati Hari Film Nasional

Bamsoet Akan Sosialisasikan Empat Pilar MPR RI ke Insan Perfilman

Rabu, 11 Maret 2020 – 22:55 WIB
Bamsoet Akan Sosialisasikan Empat Pilar MPR RI ke Insan Perfilman - JPNN.COM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama Yayasan Pusat Perfilman H. Usmar Ismail bekerja sama menyelenggarakan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di kompleks Usmar Ismail Hall, Jakarta. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama Yayasan Pusat Perfilman H. Usmar Ismail bekerja sama menyelenggarakan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI dalam rangkaian acara peringatan Hari Film Nasional pada tanggal 30 Maret 2020 di kompleks Usmar Ismail Hall, Jakarta. Kerja sama tersebut merupakan langkah taktis MPR RI menyentuh para penggiat industri perfilman.

Selain Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, Bamsoet juga akan meresmikan pembangunan monumen Hari Film Nasional. Di samping memberikan penghargaan Legend Award kepada sineas yang berjasa dalam memajukan perfilman Indonesia.

“Di berbagai negara, film sering kali dijadikan sebagai propaganda membesarkan negaranya. Di Indonesia sudah menghasilkan banyak film sebagai media menumbuhkembangkan nasionalisme. Antara lain Sang Kiai, Sang Pencerah, 3 Srikandi, atau Garuda di Dadaku. Kerja sama MPR RI dengan Yayasan Pusat Perfilman H. Usmar Ismail akan makin menstimulus lahirnya film-film yang menggugah kesadaran publik untuk lebih mencintai Indonesia,” ujar Bamsoet saat menerima Yayasan Pusat Perfilman H. Usmar Ismail di Ruang Kerja Ketua MPR RI, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Pengurus Yayasan Pusat Perfilman H. Usmar Ismail yang hadir antara lain Sonny Pudjisasono, Aklis Suryapati, Wina Armanda Sukardi, Oktaf Chaniago, Berbie Komala Sari, Anna Tarigan, Asrie dan Alicia Johar.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menilai tingginya minat masyarakat menonton film hasil karya anak bangsa harus diimbangi dengan makin lahirnya berbagai film berkualitas. Jangan sampai kualitas perfilman menjadi turun lantaran tidak adanya dukungan dari pemerintah maupun stimulus dari berbagai stakeholder.

"Di tahun 2018 dan 2019, jumlah penonton film Indonesia selalu menembus di atas angka 50 juta penonton. Pertumbuhan layar bioskop juga selalu meningkat. Dari 1.600 layar pada 2017, menjadi 2.000 layar pada 2018, dan naik sedikit menjadi 2.060 hingga triwulan 2020.  Tingginya antusiasme penonton terhadap film Indonesia harus dibarengi dengan peningkatan kualitas film. Sehingga, akan menarik banyaknya penonton dan akan menggeliatkan industri perfilman," tutur Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini juga mengapresiasi langkah pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika yang menutup sekitar seribu situs website streaming illegal yang menyajikan film Indonesia. Selain merugikan sineas dan pertumbuhan industri perfilman, keberadaan situs illegal tersebut juga merugikan negara karena bisa memangkas pendapatan melalui pajak.

"Walaupun pertumbuhan penonton bioskop sudah tinggi, bukan berarti kita bisa berpuas diri. Apalagi sekitar 63 persen masyarakat masih banyak yang mengakses situs web streaming illegal untuk menonton film. Menutup situs tersebut selain menjamin keberlangsungan industri perfilman Tanah Air, sekaligus penghormatan terhadap hak kekayaan intelektual," pungkas Bamsoet.(jpnn)

Di tahun 2018 dan 2019, jumlah penonton film Indonesia selalu menembus di atas angka 50 juta penonton.

Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close