Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bamsoet Apresiasi Kiprah Yayasan Yasa Putra Sedana dalam Memajukan Seni Budaya Bali

Sabtu, 30 April 2022 – 23:24 WIB
Bamsoet Apresiasi Kiprah Yayasan Yasa Putra Sedana dalam Memajukan Seni Budaya Bali - JPNN.COM
Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet seusai menyaksikan Balinese Show di Yasa Putra Sedana, Sabtu (30/4). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, DENPASAR - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengapresiasi kiprah Yayasan Yasa Putra Sedana dalam memajukan dan menjaga seni budaya Bali.

Salah satu kiprah yayasan di bawah kepemimpinan Dewa Rai Budiasa itu adalah menyelenggarakan pagelaran Balinese Show melalui paket wisata Barong dan Legong sejak 1995.

Saat puncak peringatan HUT ke-251 Gianyar pada Selasa (19/4) lalu, paket wisata Barong dan Legong yang diinisiasi Yayasan Yasa Putra Sedana tersebut bahkan telah mendapatkan sertifikat Citra Raksata dari Pemkab Gianyar.

"Ini sebagai bentuk perlindungan kekayaan intelektual masyarakat Gianyar," kata Bamsoet yang akrab disapa seusai menyaksikan Balinese Show di Yasa Putra Sedana, Sabtu (30/4).

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menyampaikan paket Barong dan Legong diawali penampilan Tari Pelegongan pilihan, di antaranya Legong Keraton, Kebyar Trompong, Oleg Tamulilingan, Cendrawasih, dan diakhiri dengan Barong Ngunying.

Berbeda dengan penampilan di tempat lain, Yayasan Yasa Putra Sedana memberikan ciri khas berupa tempat pementasan yang terbuka, sehingga antara penari, penabuh dan penonton, saling menyatu.

Penonton secara khusus juga dapat memperhatikan komposisi gerak tari yang senada dengan tabuh pengiringnya.

"Setelah menyaksikan pementasan, wisatawan juga dapat menikmati makan malam di Natar atau halaman tengah Jro Pengaji. Diawali dengan pengenalan keluarga besar dan pengenalan rumah adat Bali yang sesuai dengan Asta Kusala Kusali," jelas Bamsoet.

Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet menyampaikan apresiasi terhadap Yayasan Yasa Putra Sedana yang konsisten memajukan seni budaya Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close