Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bamsoet Bersama PARFI Salurkan Bantuan ke Pekerja Seni Terdampak Pandemi

Kamis, 24 September 2020 – 22:48 WIB
Bamsoet Bersama PARFI Salurkan Bantuan ke Pekerja Seni Terdampak Pandemi - JPNN.COM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) bersama Persatuan Artis Film Indonesia '56 (PARFI '56) melalui 'Gerakan Bangkit Bersama Pekerja Seni' menyalurkan bantuan modal usaha kepada 21 pekerja seni yang menggeluti usaha UMKM.

Para penerima bantuan tersebut merupakan pekerja seni yang kehilangan pendapatan selama pandemi Covid-19, sehingga beralih menekuni UMKM, seperti memproduksi kerajinan bambu, budidaya serangga, dan usaha kuliner seperti minuman segar hingga bir pletok.

Bantuan modal usaha tersebut sebagian besar berasal dari donasi yang terkumpul dalam Konser Amal Virtual 'Berbagi Kasih Bersama Bimbo', yang diselenggarakan MPR RI bekerja sama dengan BPIP, Indika Foundation, dan KADIN Indonesia pada Minggu (17/5) lalu.

Menurut Bamsoet, gerakan ini menjadi simbol aktualisasi karakter kebangsaan yang mengedepankan jiwa gotong royong, sekaligus memiliki pesan bahwa pandemi tidak boleh mengendurkan semangat untuk tetap bekerja dan berkarya.

"Sikap optimis adalah sumber energi untuk bersama-sama bangkit dari masa-masa sulit seperti saat ini," kata Bamsoet saat menyaksikan penyaluran bantuan modal usaha itu secara daring dari Ruang Kerja Ketua MPR RI, Jakarta, Kamis (24/9).

Kegiatan itu juga diikuti secara virtual oleh Ketua Umum PARFI '56 Marcella Zalianty, Sekjen PARFI '56 Dennis Adishwara, Ketua Pelaksana Generasi Lintas Budaya Olivia Zalianty, dan perwakilan KADIN Indonesia Sharmila.

Ketua ke-20 DPR RI itu mengatakan, data Koalisi Seni per 25 Maret 2020 mencatat berbagai agenda seni tertunda akibat pandemi Covid-19. Antara lain 10 proses produksi dan rilis film, 40 konser, tur, dan festival musik, 8 pameran pada museum seni rupa, 3 pertunjukan tari serta 9 pentas teater, pantomim, dan boneka.

Karena itu, Konser Amal Virtual 'Berbagi Kasih Bersama Bimbo' serta Gerakan Bangkit Bersama Pekerja Seni, menjadi bentuk kepedulian terhadap keberlangsungan industri ekonomi kreatif Tanah Air agar tidak semakin terpuruk diterpa pandemi ini.

Bantuan modal usaha disalurkan kepada 21 seniman yang beralih menggeluti UMKM di masa pandemi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close