Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com
HUT Komunitas Sepeda Green Fly

Bamsoet Dorong Pemda Sediakan Jalur Khusus Sepeda

Minggu, 30 Agustus 2020 – 16:43 WIB
Bamsoet Dorong Pemda Sediakan Jalur Khusus Sepeda - JPNN.COM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, saat menghadiri acara Ulang Tahun ke-11 komunitas sepeda Green Fly, di Jakarta, Minggu (30/8). Foto: Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong pemerintah daerah menyediakan jalur khusus sepeda di berbagai ruas jalan.

Bagi kandidat yang akan maju dalam kontestasi Pilkada 2020, pembuatan jalur khusus sepeda bisa dimasukan dalam salah satu program aksi yang bisa mendulang suara.

Selain konkret dan mudah ditagih, program tersebut juga bisa menumbuhkembangkan minat olahraga sepeda, sehingga bisa mengurangi polusi udara akibat gas pembuangan yang dihasilkan kendaraan bermotor.

"Di awal tahun 2010-an, olahraga lari menjadi pilihan favorit masyarakat dalam berolahraga. Bahkan lari tak sekadar menjadi olahraga, melainkan juga menjadi gaya hidup," kata Bamsoet, saat menghadiri acara Ulang Tahun ke-11 komunitas sepeda Green Fly, di Jakarta, Minggu (30/8).

"Kini di tahun 2020, akibat Pandemi Covid-19, olahraga sepeda yang mendapatkan tempat di hati masyarakat. Maraknya warga yang bersepeda bisa menjadi awal bagus untuk mengurangi pemakaian kendaraan bermotor ke tempat yang berjarak dekat. Karenanya pemerintah daerah perlu mendukungnya dengan menyiapkan jalur khusus sepeda," lanjutnya.

Hadir dalam acara ini antara lain Raffi Ahmad, Nagita Slavina dan owner Prestige Motorcars Rudy Salim.

Mantan Ketua DPR RI ini juga mendorong para pecinta olahraga sepeda maupun yang baru mau mulai bersepeda, untuk tidak membeli sepeda buatan luar negeri (impor). Melainkan membeli sepeda buatan anak bangsa di dalam negeri. Karena, kualitasnya tidak kalah dibanding sepeda impor.

"Presiden Joko Widodo saja menggunakan sepeda dalam negeri untuk berolahraga. Ada merk Kreuz, Polygon, dan Element. Serta masih banyak lagi berbagai merk lainnya. Dengan membeli sepeda dalam negeri, kita sudah berkontribusi terhadap pertumbuhan industri nasional dan pembukaan lapangan pekerjaan. Berkah booming sepeda akibat pandemi Covid-19 harus dinikmati pelaku usaha nasional, bukan malah menguntungkan impor," tandas Bamsoet.

Bamsoet mendorong pemerintah daerah menyediakan jalur khusus sepeda di berbagai ruas jalan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close