Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bamsoet: Mayoritas Masyarakat Ingin Pilpres Tetap Langsung dan Dua Periode

Kamis, 19 Desember 2019 – 21:45 WIB
Bamsoet: Mayoritas Masyarakat Ingin Pilpres Tetap Langsung dan Dua Periode - JPNN.COM
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo mengatakan wacana yang berkembang sepanjang 2019 terkait amendemen UUD NRI 1945 adalah soal sistem pemilihan presiden. Bambang secara pribadi menilai mayoritas masyarakat tetap memilih pemilihan presiden dilakukan secara langsung.

"Wacana yang tertangkap oleh saya pribadi selama dua setengah bulan menjadi pimpinan MPR, wacana yang berkembang secara mayoritas adalah tetap dilakukan secara langsung dan dua periode," kata Bambang, Kamis (19/12).

Kendati demikian, lanjut Bambang, di bawahnya atau pemilihan gubernur, bupati dan wali kota, bisa dikembalikan lewat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). "Itu semua masih dalam perdebatan," tegasnya.

Legislator Partai Golkar yang karib disapa Bamsoet ini menegaskan biarkan saja perdebatan itu bergulir sebagaimana mestinya. Menurut dia, tinggal dilihat saja nanti ke mana arah aspirasi masyarakat apakah ingin pilkada langsung atau tidak.

“Berikan sebesar-besarnya pada kewenangan masyarakat melalui partai-partai politik, karena kalau bicara soal pilkada itu kan nanti domainnya adalah DPR melalui UU Pemilu," paparnya.

Bamsoet mengakui bahwa aspirasi soal sistem pemilihan presiden terus berkembang. Dia mengatakan aspirasi yang masuk ke MPR misalnya soal masa jabatan presiden tiga periode.

Selain itu, Bamsoet melanjutkan ada pula aspirasi masa jabatan presiden satu periode tetapi selama delapan tahun. “Pemikiran itu bukan dari kami, tetapi dari masyarakat. Ini aspirasi yang harus diterima, tidak boleh dibunuh," ujarnya.

Mantan ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) itu mengatakan biarkan saja itu berkembang. Siapa tahu, kata dia, orang-orang yang menghendaki masa jabatan tiga periode ini cinta sekali sama Pak Jokowi.

Bamsoet mengakui bahwa aspirasi soal sistem pemilihan presiden terus berkembang. Dia mengatakan aspirasi yang masuk ke MPR misalnya soal masa jabatan presiden tiga periode.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close