Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bamsoet Minta Mitigasi Bencana Ditingkatkan

Rabu, 17 Juli 2019 – 22:19 WIB
Bamsoet Minta Mitigasi Bencana Ditingkatkan - JPNN.COM
Ketua DPR Bambang Soesatyo. Foto: boy/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet menyampaikan belasungkawa dan keprihatinan mendalam kepada masyarakat Bali dan Jawa Timur (Jatim) yang terkena musibah gempa bumi 5,8 Skala Richter (SR). Legislator Partai Golkar itu meminta pemerintah memberikan bantuan yang diperlukan masyarakat yang terdampak gempa.

Dia meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), bersama Pemerintah Provinsi Bali dan Jatim terus melakukan pendataan kerusakan terhadap rumah penduduk dan sarana prasarana umum.

Selain itu, kata dia, juga harus melakukan kalkulasi terhadap kerugian yang dialami akibat gempa dan mengkoordinasikan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk segera melakukan perbaikan terhadap bangunan-bangunan yang rusak. “Ini agar masyarakat terdampak gempa dapat melakukan aktivitas seperti sedia kala," kata Bamsoet, Rabu (17/7).

BACA JUGA: Bamsoet Berjanji Segera Proses Pemberian Pertimbangan Amnesti Baiq Nuril

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kata dia, harus terus memberikan informasi terkini kepada masyarakat mengenai kondisi ter-update daerah terkait baik melalui media cetak, siber dan siaran, maupun SMS broadcast.

Dalam hal ini, masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan tidak mempercayai dengan mudah berita-berita hoaks yang beredar pascagempa. Dia mengingatkan, masyarakat sebaiknya hanya mempercayai berita atau informasi dari website resmi BMKG ataupun pemda, serta menghindari berada di wilayah yang dekat dengan bangunan yang rusak.

“Saya juga mendorong BNPB dan BPBD untuk meningkatkan mitigasi bencana guna menghadapi dampak yang ditimbulkan akibat gempa di wilayah tersebut, mengingat hingga pukul 00.30 WIB masih terjadi dua aktivitas gempa bumi susulan dengan kekuatan 3,1 SR dan 3,7 SR,” ungkapnya.

BACA JUGA: Cerita Bamsoet soal Pertemuannya dengan Presiden Jokowi untuk Bahas Golkar

BNPB, BPBD, bersama Pemerintah Provinsi Bali dan Jatim diminta terus melakukan pendataan kerusakan terhadap rumah penduduk dan sarana prasarana umum.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close