Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bamsoet: Sikap Egois Tidak Akan Pernah Bisa Menjawab Persoalan Bangsa

Kamis, 30 Januari 2020 – 10:03 WIB
Bamsoet: Sikap Egois Tidak Akan Pernah Bisa Menjawab Persoalan Bangsa - JPNN.COM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat Perayaan Natal Bersama MPR RI, DPR RI dan DPD RI, di Gedung Nusantara IV MPR RI, Jakarta, Rabu (29/1/20) malam. Foto: Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan, sebagai makhluk sosial, manusia harus hidup berdampingan dalam kerukunan dan bekerja sama dalam keharmonisan.

Hanya dengan kebersamaan dan kerukunan, maka cita-cita Indonesia Maju yang diidam-idamkan akan dapat diraih bersama.

"Sebagai bangsa yang besar dan majemuk, bangsa Indonesia kaya akan nilai-nilai dan norma. Termasuk nilai-nilai relijius yang hidup dan berkembang di tengah kehidupan masyarakatnya. Nilai-nilai inilah yang wajib kita jaga, kita rawat dan kita lindungi bersama, dengan dilandasi semangat persaudaraan dan persatuan," ujar Bamsoet dalam Perayaan Natal Bersama MPR RI, DPR RI dan DPD RI, di Gedung Nusantara IV MPR RI, Jakarta, Rabu (29/1/20) malam.

Bagi Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini, anugerah Tuhan kepada manusia berupa kesempurnaan bentuk dan rupa, membuat semua pihak dapat belajar memaknai rasa persaudaraan.

Seluruh elemen bangsa Indonesia adalah ibarat satu tubuh. Ketika satu jatuh dan tangan terluka, maka rasa sakit tersebut juga turut dirasakan oleh anggota tubuh yang lain.

"Kita lahir, tumbuh, dan hidup di atas tanah air yang sama dan berlindung di bawah naungan cakrawala yang sama. Maka sudah sepatutnya kita embuskan napas kebersamaan dalam setiap gerak langkah kita sebagai sesama anak bangsa. Inilah perasaan senasib sepenanggungan," tutur Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini menerangkan, sejarah perjuangan bangsa Indonesia pun telah memberi pesan berharga, bahwa cita-cita kemerdekaan tidak akan pernah tercapai bila kita masih begitu mudah terpecah belah. Sikap egois, individualis serta eksklusif, tidak akan pernah menjadi solusi efektif dalam menjawab setiap persoalan bangsa dan tantangan zaman.

"Selaras dengan tema dan sub tema Perayaan Natal pada hari ini, yakni 'Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang’, serta ‘Bekerja bersama dalam kerukunan dan persaudaraan untuk mencapai Indonesia Maju', kita sadari bersama bahwa betapa pahit manis kehidupan yang telah menempa kita sebagai sebuah bangsa, telah memberikan kita sebuah cermin untuk berkontemplasi. Persahabatan, kerukunan dan persaudaraan adalah kata kunci yang tidak bisa ditawar-tawar untuk hidup bersama dalam keberagaman," tandas Bamsoet.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan, sikap egois, individualis serta eksklusif, tidak akan pernah menjadi solusi efektif dalam menjawab setiap persoalan bangsa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close