Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bamsoet: Vaksinasi Empat Pilar MPR Perkuat Imun Ideologi Bangsa

Senin, 06 September 2021 – 19:07 WIB
Bamsoet: Vaksinasi Empat Pilar MPR Perkuat Imun Ideologi Bangsa - JPNN.COM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menegaskan tumbuhnya radikalisme di dalam negeri bisa dipicu karena dinamika yang terjadi di lingkungan global.

Salah satu yang menjadi perhatian berbagai negara di dunia saat ini adalah keberhasilan Taliban merebut kekuasaan di Afghanistan.

Bamsoet menyampaikan, meski Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jailani menyebut belum ada informasi soal keterkaitan Taliban di Afghanistan dengan jaringan teroris di Indonesia, ada kekhawatiran dari berbagai pihak kondisi itu mempengaruhi kondusifitas politik di tanah air.

Menurut pejabat Kemlu tersebut, jaringan-jaringan teroris di Indonesia biasanya punya hubungan dengan Al-Qaeda ataupun ISIS.

Menurutnya, Taliban tidak identik dengan dua kelompok teroris internasional itu.

"Tapi tidak ada salahnya mengedepankan sikap kewaspadaan. Namun juga penting untuk kita ingat bersama, bahwa alat pertahanan terbaik dalam menangkal radikalisme bukanlah semata mengandalkan tindakan represif, melainkan dengan penguatan benteng ideologi," kata Bamsoet, Senin (6/9).

Bamsoet menyampaikan itu dalam 'Webinar Vaksinasi Ideologi' yang diselenggarakan Lembaga Pemilih Indonesia dan Forum Intelektual Muda, di Jakarta.

Turut hadir Deputi Komunikasi Badan Intelijen Negara Wawan Hari Purwanto, ahli politik dari Lembaga Pemilih Indonesia Boni Hargens, ahli keamanan dan hubungan internasional Kusnanto Anggoro, pengamat terorisme Milda Istiqamah, dan Co Founder Forum Intelektual Muda Muhammad Sutisna.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan upaya yang dilakukan MPR menangkal radikalisme pada Webinar Vaksin Ideologi, Senin (6/9).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close