Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bang Zainal: Saudara Menag, Jangan Baru Asumsi tetapi Sudah Terkesan Menuduh 

Jumat, 04 September 2020 – 23:05 WIB
Bang Zainal: Saudara Menag, Jangan Baru Asumsi tetapi Sudah Terkesan Menuduh  - JPNN.COM
Menteri Agama Fachrul Razi. Foto: M Fathra Nazrul Islam/dok.JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi VIII DPR RI Muslich Zainal Abidin menyarankan kepada Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi bisa lebih bijaksana dalam melontarkan penyataan. Misalnya, Fachrul melontarkan pandangan berbasis data yang jelas.

Saran disampaikan Zainal untuk menanggapi pernyataan Fachrul tentang penyebaran paham radikal melalui orang-orang dengan pembawaan dan perawakan baik.

"Jangan sampai itu baru asumsi dan penilaian pribadi saja, tetapi sudah terkesan menuduh atau memojokkan bahkan memicu timbulnya kegaduhan baru dan rasa saling curiga," kata dia kepada awak media, Jumat (4/9).

Menurut dia, Fachrul lebih baik mendorong masyarakat meningkatkan ibadah dan berdoa agar pandemi Covid-19 segera usai. Ketimbang Fachrul berbicara tentang radikalisme yang berujung kontroversi.

"Saudara Menag lebih baik mendorong masyarakat meningkatkan ibadah dan berdoa agar pandemi Covid-19 segera hilang dari muka bumi. Terlebih, kasus positif Covid-19 terus bertambah ribuan setiap harinya dan memikirkan strategi menghadapi ancaman resesi ekonomi di depan mata," ungkap politikus PPP itu.

Seharusnya, kata Zainal, Fachrul bisa lebih proaktif membangun hubungan emosional dengan memberikan pembinaan, edukasi, dan pencerahan, dalam aktivitas pemantauan kegiatan di masjid-masjid untuk mencegah penyebaran radikalisme.

Fachrul, kata dia, tidak bisa mengatakan bahwa pengurus masjid di lingkungan pemerintahan dan BUMN, haruslah dari kalangan internal. Terlebih alasan itu dipakai untuk menekan radikalisme.

"Pernyataan saudara Fachrul Razi itu bukanlah solusi tepat, malah terkesan menggeneralisasi sesuatu, bahkan memojokkan pengurus masjid yang berasal dari masyarakat umum," beber dia.

Zainal menyarankan Menag Fachrul Razi bisa lebih bijaksana dalam melontarkan penyataan. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close