Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bangun Kampung Bahari Nusantara, TNI AL Gelar Kegiatan Sosial di Merauke

Rabu, 09 Juni 2021 – 23:45 WIB
Bangun Kampung Bahari Nusantara, TNI AL Gelar Kegiatan Sosial di Merauke - JPNN.COM
KBN merupakan salah satu program dari TNI AL dengan melaksanakan berbagai kegiatan sosial bekerja sama dengan Smile Train Indonesia dan PT. BIA. Foto: Boediono

jpnn.com, JAKARTA - Untuk memajukan salah satu kampung binaan dengan sasaran untuk meningkatkan taraf hidup dan kemajuan masyarakat pesisir, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XI Merauke membentuk Kampung Bahari Nasional (KBN).

KBN merupakan salah satu program dari TNI AL dengan melaksanakan berbagai kegiatan sosial bekerja sama dengan Smile Train Indonesia dan PT. BIA.

Program KBN merupakan ide atau gagasan  Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dengan tujuan memberdayakan warga pesisir agar potensi daerahnya  dapat dimanfaatkan secara optimal sehinnga masyarakatnya bisa sejahtera.

Kampung Lampu Satu menjadi daerah yang dipilih menjadi tempat pembentukan KBN di Kabupaten Merauke.

Berbagai kegiatan yang menyentuh kehidupan masyarakat secara langsung dilaksanakan oleh Lantamal XI sesuai dengan lima cluster yang telah ditetapkan yaitu Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, Pariwisata dan Pertahanan.

Kegiatan sosial yang dilaksanakan belum lama ini adalah penanaman 1.000 pohon bibit mangrove untuk mengantisipasi terjadinya abrasi yang cukup tinggi di pantai Lampu Satu sebagai akibat minimnya keberadaan pohon mangrove di lokasi tersebut.

Selain itu juga dilaksanakan operasi bibir sumbing kepada 15 masyarakat Kabupaten Merauke terdiri dari 7 orang dewasa dan 8 anak-anak.

Komandan Lantamal XI Brigjen TNI Mar Wurjanto di sela-sela acara menyampaikan pembentukan KBN merupakan program TNI AL yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir. Kegiatan penanaman pohon mangrove dan operasi bibir sumbing menjadi sebuah kegiatan yang perlu dilaksanakan di Kabupaten Merauke.

KBN merupakan salah satu program dari TNI AL dengan melaksanakan berbagai kegiatan sosial bekerja sama dengan Smile Train Indonesia dan PT. BIA.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close