Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bangun Kerja Sama Ekonomi, Menko Airlangga Tegaskan Indonesia Sahabat Semua Negara

Sabtu, 06 Juli 2024 – 11:33 WIB
Bangun Kerja Sama Ekonomi, Menko Airlangga Tegaskan Indonesia Sahabat Semua Negara - JPNN.COM
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menghadiri acara The Big Idea Forum CNN with Desi Anwar yang mengambil tema Quo Vadis Digital Transformation Indonesia, Jumat (5/7). Foto: Dokumentasi Humas Kemenko Perekonomian

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan Indonesia telah menjadi negara dengan jumlah unicorn dan decacorn terbesar di antara negara lain.

Hal tersebut salah satunya didorong dengan upaya pemerintah dalam melakukan integrasi dengan negara-negara ASEAN sehingga dapat lebih mudah dalam mengembangkan dan memperluas jangkauan pasar.

"Inisiasi Indonesia berupa Digital Economic Agreement Framework (DEFA) dalam Keketuaan ASEAN 2023 lalu telah membuka babak baru dalam integrasi ekonomi digital regional," kata Menko Airlangga dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (6/7).

Dia berharap hal langkah tersebut akan menarik investasi dan inovasi, meningkatkan produktivitas, menciptakan lapangan kerja serta memberdayakan sektor UMKM.

Melalui pemanfaatan DEFA, ekonomi digital ASEAN pada tahun 2030 yang semula bernilai sebesar USD 1 triliun diperkirakan dapat meningkat mencapai USD 2 triliun.

Indonesia bersama negara-negara ASEAN lainnya juga telah melakukan integrasi pembayaran dengan kebijakan Local Currency Settlement melalui penggunaan QRIS sehingga memudahkan upaya mendorong digitalisasi di sektor ekonomi.

Menko Airlangga juga menyampaikan di tengah berbagai upaya digitalisasi tersebut, keamanan data juga menjadi salah satu tantangan dan aspek penting yang perlu untuk terus diakselerasi.

“Indonesia perlu ada di mana-mana," tegas Menko Airlangga.

Menko Airlangga menegaskan Indonesia menjadi sahabat semua negara dalam hal membangun kerja ekonomi di level global

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA