Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Banjir Landa Sejumlah Kabupaten di Sulteng

Minggu, 03 Mei 2020 – 18:53 WIB
Banjir Landa Sejumlah Kabupaten di Sulteng - JPNN.COM
Ilustrasi - Para petugas BPBD dengan menggunakan perahu karet berusaha melakukan evakuasi terhadap warga korban banjir bandang melanda wilayah Kabupaten Poso, Kamis (30/4/2020). Foto: ANTARA/HO/Humas Pemprov Sulteng

jpnn.com, PALU - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Bartholomeus Tandigala membenarkan dalam beberapa hari terakhir terjadi bencana banjir dan longsor melanda sejumlah kabupaten di provinsi itu.

"Ada beberapa wilayah di Sulteng sepekan terakhir diterjang banjir dan menimbulkan kerugian materi cukup besar," katanya di Palu, Minggu (3/5) malam.

Ia menjelaskan wilayah yang dilanda banjir saat ini adalah Kabupaten Sigi, Poso dan Morowali Utara.

Dia mengaku belum bisa dirinci mengenai kerugian akibat dari bencana alam yang menerjang sejumlah daerah di Sulteng, sebab masih dalam pendataan dilakukan instansi terkait.

"Kami belum mendapatkan data secara valid soal jumlah kerusakan rumah warga dan infranstruktur yang rusak akibat bencana alam banjir yang melanda beberapa kabupaten di Sulteng," katanya.

Bencana banjir yang menerjang sejumlah wilayah Sulteng dikarenakan curah hujan meningkat dalam beberapa hari ini.

Selain hujan dengan intensitas tinggi, juga disertai angin kencang dan petir sehingga sangat membahayakan keselamatan jiwa masyarakat, terutama di daerah-daerah yang rawan petir seperti di Morowali Utara ada sejumlah desa yang rawan petir sehingga perlu diwaspadai masyarakat.

Bartholomeus mengatakan sudah mengistrusksikan semua jajaran BPBD di Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulteng untuk siaga karena kondisi cuaca sangat ekstrem.

Bencana banjir yang menerjang sejumlah wilayah Sulteng dikarenakan curah hujan meningkat dalam beberapa hari ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close