Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bank Dunia Biangnya Krisis

Rabu, 15 Oktober 2008 – 14:28 WIB
Bank Dunia Biangnya Krisis - JPNN.COM
JAKARTA-Utang dari Bank Dunia untuk membiayai industri ekstraktif seperti batu bara , minyak dan gas merupakan faktor utama penyebab krisis finansial yang melanda dunia saat ini. Hal tersebut dinyatakan oleh Koalisi Anti Utang dalam siaran persnya yang diterima JPNN.

Juru bicara KAU Yuyun Harmono mengatakan, Bank dunia adalah pemberi utang terbesar untuk industri ekstraktif. Menurut catatan KAU sejak tahun 1992 lebih dari 133 paket utang dengan total mencapai US$28 Milyar. Selama 3 dekade Institusi

‘’Keuangan Internasional menjadikan utang sebagai alat untuk mengintervensi kebijakan negara selatan termasuk Indonesia yang mendorong liberalisasi keuangan, ekstraksi kekayaan alam dan konsentarasi kekayaan pada segelintir orang serta penghisapan ekonomi negara selatan oleh negara utara dan perusahaan transnasional. Hal tersebut telah mendorong pola pembangunan neoliberal yang menyebabkan terjadinya krisis finansial dan pangan,’’katanya.

Extractive Industries Review (EIR), yang merupakan komisi evaluasi independen dari aktivitas-aktivitas Bank Dunia di sektor ekstraktif, merekomendasikan bahwa Bank Dunia harus segera menghentikan utang untuk program-program batubara dan keluar dari proyek-proyek utang untuk minyak pada tahun 2008. Akan tetapi, justru utang Bank Dunia untuk proyek-proyek minyak meningkat hingga 93% dari US$450 Juta ke US$869 Juta dari tahun keuangan 2005 ke 2006.

JAKARTA-Utang dari Bank Dunia untuk membiayai industri ekstraktif seperti batu bara , minyak dan gas merupakan faktor utama penyebab krisis finansial

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close