Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bank Pembangunan Daerah Berperan Strategis Dalam Mendongrak Pemulihan Ekonomi

Sabtu, 26 Februari 2022 – 21:27 WIB
Bank Pembangunan Daerah Berperan Strategis Dalam Mendongrak Pemulihan Ekonomi - JPNN.COM
Menko Airlangga Hartarto. Foto dok Kemenko

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menilai Bank Pembangunan Daerah (BPD) memiliki peran strategis dalam pemulihan ekonomi di daerahnya, sehingga turut berkontribusi terhadap Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Ekonomi nasional tentunya bergantung pada kemampuan masing-masing daerah untuk menemukan komoditas atau produk yang bisa ditingkatkan nilai tambahnnya.

"BPD memiliki peran strategis terutama untuk pemulihan ekonomi di daerah dan BPD diharapkan lebih kompetitif, kuat dan kontributif dan utamanya juga BPD menjadi penyalur KUR yang sangat diminati usaha kecil dan menegah," ujar Airlangga dalam webinar bertajuk BPD untuk Daerah: Menagih Strategi & Inovasi BPD untuk Pemulihan Ekonomi Daerah, Jumat (25/2).

Digitalisasi yang dilakukan BPD diharapkan bisa mendorong peluang dan akses yang lebih luas kepada masyarakat dan bisa mendorong masyarakat lebih inklusif dan mudah mendapatkan layanan BPD.

"Saya berharap BPD terus memberikan pinjaman modal dan bila diperlukan diberikan restrukturisasi, sehingga UMKM bisa bernapas dalam situasi pandemi Covid-19 dan tentu mempertahankan para pekerjanya sehingga bisa ikut serta dalam pemulihan aktivitas bisnis yang pada akhirnya meningkatkan pemulihan ekonomi nasional," tuturnya.

Senada, Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Agus Fatoni, mengungkapkan guna memenangkan persaingan, BPD mau tidak mau harus masuk ke dalam digitalisasi.

"Guna mendorong pelaksanaannya, Asosiasi Bank Daerah (Asbanda) harus memerankan fungsinya mensinergikan BPD agar lebih efektif dan efisien," serunya.

Sinergitas juga merupakan kunci sukses BPD untuk berkontribusi besar dalam mempercepat pemulihan ekonomi.

Bank Pembangunan Daerah (BPD) memiliki peran strategis dalam pemulihan ekonomi di daerahnya, sehingga turut berkontribusi terhadap Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close