Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bansos Dirapel Menjelang Pilpres, Anies Singgung Kebutuhan Rakyat Dipaksa Ikut Kalender Politik

Selasa, 30 Januari 2024 – 20:47 WIB
Bansos Dirapel Menjelang Pilpres, Anies Singgung Kebutuhan Rakyat Dipaksa Ikut Kalender Politik - JPNN.COM
Capres bernomor urut 1 di Pilpres 2024 Anies Baswedan berkampanye di Tegal, Jawa Tengah, Selasa (30/1/2024). Foto: Tim Media AMIN

jpnn.com, TEGAL - Capres bernomor urut 1 di Pilpres 2024 Anies Baswedan mengkritisi rencana pemerintah merapel pencairan bantuan sosial atau bansos pada Februari tahun ini.

Kontestan Pilpres 2024 yang berpasangan dengan Muhaimin Iskandar itu menengarai pemberian sejumlah bansos dalam satu kali pembayaran tersebut sarat dengan muatan politik.

"Bansos itu diberikan mengikuti kalender kebutuhan rakyat, bukan mengikuti kalender politik. Kapan rakyat membutuhkan, di situ diberi bansos," ujar Anies kepada wartawan di Lapangan Pendawa Seimbang, Tegal, Jawa Tengah, Selasa (30/1/2024).

Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 itu menegaskan seharusnya pembagian bansos dilakukan sesuai jadwal. Anehnya, pembagian sejumlah bansos justru dirapel menjelang pemilu.

"Ada jadwalnya. Jadwalnya sesuai kebutuhan rakyat, bukan sesuai jadwal kebutuhan politik yang mau memberi," imbuh Anies.

Menteri pendidikan dan kebudayaan di Kabinet Kerja 2014-2016 itu menyatakan bansos bersumber dari negara, sedangkan aparat pemerintah cuma menyalurkannya.

Oleh karena itu, capres dari Koalisi Perubahan itu mengingatkan pemerintah menggunakan bansos untuk agenda politik tertentu.

“Jadi, jangan kemudian ini dimanfaatkan. Rakyat kita cerdas, dan saya yakin bansosnya diterima, tetapi pilihannya itu perubahan,” kata capres yang diusung Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Keadilan Sejahtera tersebut.

Anies Baswedan mengkritisi rencana pemerintah merapel pencairan bantuan sosial atau bansos pada Februari tahun ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close