Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Bantah Tudingan Miring, Pengguna Vape Ramai-Ramai Pamer Hasil Rontgen

Minggu, 24 November 2019 – 23:36 WIB
Bantah Tudingan Miring, Pengguna Vape Ramai-Ramai Pamer Hasil Rontgen - JPNN.COM
Hasil rontgen anggota Hexohm Indonesia yang dipamerkan di Mitra Terrace, Jakarta Pusat. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Komunitas pengguna tembakau alternatif atau rokok elektrik (vape) yang tergabung dalam Hexohm Indonesia memperlihatkan hasil rontgen thorax atau paru-paru para vapers di Mitra Terrace, Jakarta Pusat, Sabtu (23/11).

Humas Komunitas Hexohm Indonesia, Andika Widhi mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk melawan serangan berita atau opini negatif terhadap vape. Menurut dia, komunitas pengguna vape siap harus membela haknya.

“Kami merupakan pengguna vape dari hitungan bulan sampai lebih dari 5 tahun, sangat merasakan impact positif dari vape seperti hilang sesak di dada, pernapasan lebih lega, lebih berenergi ketika olah raga,” kata Andika melalui keterangan tertulisnya pada Minggu, (24/11).

Kemudian, dia menjelaskan, anggota komunitas memperlihatkan hasil rontgen thorax untuk membuktikan kesehatan sekaligus menjawab tudingan-tudingan atau berita yang menyudutkan negatif kepada pengguna vape.

“Rontgen thorax dipilih untuk membuktikan secara medis dan ditunjukkan ke orang-orang bahwa kami pilih vape dan kami baik-baik saja, terutama di bagian paru-paru dan jantung,” ujarnya.

Maka dari itu, Andika yang juga merupakan produsen liquid vape berharap pemerintah tidak melarang begitu saja penggunaan tembakau alternatif. Sebab, banyak pengguna aktif tembakau alternatif di Indonesia yang telah merasakan manfaat positifnya. “Dari sisi industri liquid pun sudah diregulasi dengan adanya pita cukai,” jelas dia.

Oleh karena itu, Andika menambahkan perlu adanya kajian secara terbuka yang dilakukan pemerintah, baik Kementerian Kesehatan maupun BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

“Kajian terbuka lebih lanjut mungkin yang perlu difokuskan oleh pemerintah. Karena dari sisi konsumen sudah banyak yang merasakan dampak positifnya,” katanya.

loading...