Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bantu Warga Terdampak Gempa Bantul, Mensos Risma Instruksikan 6 UPT Terdekat Bergerak

Minggu, 02 Juli 2023 – 11:25 WIB
Bantu Warga Terdampak Gempa Bantul, Mensos Risma Instruksikan 6 UPT Terdekat Bergerak - JPNN.COM
Petugas UPT Kemensos bergerak menyerahkan sejumlah bantuan kepada warga terdampak gempa Bantul. Foto: dokumentasi humas Kemensos

jpnn.com, BANTUL - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menginstruksikan jajaran untuk melakukan respons cepat pascagempa bumi berkekuatan magnitudo 6,4 melanda wilayah Bantul, Yogyakarta, pada Jumat (30/6) malam.

Dia mengerahkan enam unit pelaksana teknis (UPT) Kementerian Sosial (Kemensos) terdekat dari lokasi bencana untuk segera meluncur setelah bencana terjadi.

"Melalui Command Cente Kemensos dan WhatsApp Group, Ibu Menteri telah memerintahkan seluruh petugas sentra atau sentra terpadu, Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan unsur pendamping Kemensos lainnya yang (berada) terdekat dengan wilayah terdampak gempa, untuk bergerak memberikan bantuan,” kata Plt. Kepala Biro Humas Romal Sinaga dalam keterangannya yang diterima Minggu (2/7).

Enam sentra atau balai terdekat tersebut, yakni Sentra Terpadu Prof Dr Soeharso di Surakarta, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Regional III Yogyakarta.

Kemudian Sentra Antasena di Magelang, Sentra Satria di Baturraden, Sentra Terpadu Kartini di Temanggung dan Sentra Margo Laras di Pati.

"Keenam sentra atau balai diinstruksikan untuk menyisir seluruh lokasi terdampak bencana dan melakukan tindakan bantuan penanganan darurat kepada warga terdampak," kata Romal.

Bantuan penanganan darurat yang dilakukan Kemensos berupa pendirian tenda serbaguna dan tenda keluarga untuk pengungsian, serta penyaluran bantuan logistik.

"Satu tenda serbaguna untuk pengungsian didirikan di Padukuhan Kuwon Kidul, Gunungkidul. Sementara, empat tenda keluarga di Padukuhan Kuwon Tengah, Semanuk, Gunungkidul," beber Romal.

Mensos Risma menginstruksikan 6 UPT terdekat lokasi bencana bergerak membantu warga terdampak gempa Bantul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close