Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bantuan Kemanusiaan Rp 7,8 Miliar dari Masyarakat Indonesia Disalurkan ke Myanmar

Selasa, 27 Juni 2023 – 20:43 WIB
Bantuan Kemanusiaan Rp 7,8 Miliar dari Masyarakat Indonesia Disalurkan ke Myanmar - JPNN.COM
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto (kiri) dan Menko PMK Muhadjir Effendy saat pengiriman bantuan kemanusiaan ke Myanmar. Foto: Dok Menko PMK

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia telah mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk korban Siklon Mocha yang melanda Myanmar, pada hari ini, Senin (26/6).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan pengiriman bantuan kemanusiaan didasari oleh permintaan Pemerintah Myanmar yang memohon bantuan kepada Indonesia.

Bantuan yang dikirimkan Indonesia dalam bentuk barang seberat kurang lebih 45 ton dengan total nilai Rp 7.842.757.000.

Adapun bantuan itu dikirimkan untuk membantu mengurangi beban kerugian yang sangat besar akibat bencana Siklon Mocha.

"Bapak Presiden telah memerintahkan kami, Menko PMK dan Kepala BNPB untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan bagi masyarakat yang terdampak di Myanmar. Sekaligus Bapak Presiden menyampaikan bela sungkawa sedalam-dalamnya dan empati yang tulus kepada Masyarakat Myanmar yang menjadi korban bencana Siklon Mocha," jelas Muhadjir di di Terminal Kargo Bandar Udara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Menurutnya, bantuan ini mengedepankan semangat One ASEAN-One Community serta One ASEAN-One Respons.

"Selain itu, bantuan ini juga untuk meningkatkan citra baik Indonesia di kawasan ASEAN serta untuk memperkuat hubungan antara Indonesia dan Myanmar, dengan Keketuaan ASEAN 2023," ucapnya.

Selain itu, Muhadjir menjelaskan, bantuan yang diberikan ini adalah bantuan dari Masyarakat Indonesia dan solidaritas sesama anggota ASEAN. Dia menerangkan, tim dari Indonesia juga akan terus melakukan pemantauan untuk memastikan bantuan tepat sasaran.

"Karena itu, bantuan ini bukan dari negara ke negara, tapi dari masyarakat Indonesia ke masyarakat Myanmar. Nanti yang menerima atas nama Sekretaris Jenderal organisasi kemasyarakatan komunitas di Myanmar," jelasnya.

Indonesia telah mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk korban Siklon Mocha yang melanda Myanmar, pada hari ini, Senin (26/6).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close