Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Banyak Hiu Ganas, Dilarang Berenang di Pantai Recife

Sabtu, 03 Mei 2014 – 23:59 WIB
Banyak Hiu Ganas, Dilarang Berenang di Pantai Recife - JPNN.COM
Pantai Recife nan indah. Namun di balik keindahannya itu, pantai ini ditahbiskan sebagai tempat berenang paling berbahaya di dunia. Foto; Expedia.

jpnn.com - RECIFE - Suporter Piala Dunia Brasil 2014 yang bertandang ke Recife harus menahan diri untuk tidak berenang di laut. Sebab, meski memiliki pantai yang indah, sepanjang garis pantai Recife adalah tempat "mangkal" favorit hiu-hiu agresif. Mereka siap mencaplok turis Piala Dunia yang berenang di laut.

Saat Jawa Pos tiba di Praia (pantai) de Piedade, banyak tanda-tanda larangan berenang di sepanjang pantai. Tanda itu juga dilengkapi gambar ikan hiu.

"Jangan coba-coba berenang di sini. Sudah banyak korbannya," kata Manuel da Silva, warga Recife yang ditemui Jawa Pos di pinggir pantai.

Recife memang lokasi para hiu ganas pemangsa manusia. Jenis yang banyak mendekam di pantai Recife adalah tiger shark dan bull shark. Mereka menjadikan Recife tempat bergerombol karena perairannya yang hangat dan dangkal.

Dalam 20 tahun terakhir, pantai ini ditahbiskan sebagai tempat berenang paling berbahaya di dunia. Bahkan, ada yang menyebut Recife sebagai "ibukota" serangan hiu dunia.

Serangan terakhir yang dicatat BBC terjadi pada Agustus dua tahun lalu. Bocah berusia 18 tahun bernama Tiago Jose de Oliveira da Silva ditemukan tak bernyawa di sisi selatan pantai. Otopsi menyebutkan bahwa Tiago meninggal karena serangan hiu.

Kematian Tiago itu adalah serangan ke-56 hiu di Recife dalam 20 tahun terakhir. Yang membuat miris, serangan tersebut selalu berakibat fatal. Dari 56 serangan, 21 di antaranya berakhir dengan kematian. Rasio kematian akibat serangan hiu di Recife mencapai 37 persen.

Berdasarkan data Florida State Musem of Natural History, angka itu adalah yang tertinggi dibandingkan dengan rata-rata kematian akibat serangan hiu yang hanya 16 persen.

RECIFE - Suporter Piala Dunia Brasil 2014 yang bertandang ke Recife harus menahan diri untuk tidak berenang di laut. Sebab, meski memiliki pantai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA