Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Banyak Konflik, Bangsa Kehilangan Jati Diri

Minggu, 19 Februari 2012 – 20:26 WIB
Banyak Konflik, Bangsa Kehilangan Jati Diri - JPNN.COM
Ketua Umum PPP, Suryadharma Ali (kiri) bersama Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo (tengah) pada acara Hari Ulang Tahun PPP yang ke-39 di Jakarta, Minggu (19/02). Foto: Arundono Wicaksono/JPNN
JAKARTA - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang juga Menteri Agama Suryadharma Ali prihatin dengan kehidupan berbangsa dan bernegara akhir-akhir ini terganggu dengan beberapa kejadian. Ia menjelaskan, kekerasan komunal di berbagai daerah dilatar belakangi berbagai hal.

Menurut Menteri Agama ini, konflik tidak hanya terjadi antara sesama kelompok masyarakat, tapi juga aparat dengan masyarakat. Latar belakannya pun kata dia bermacam-macam. Ada karena beda pilihan pada  pemilihan kepala daerah dan konflik sumber daya alam, kadang pula atas nama paham keagaaman dan ketersingungan etnik.

Pria yang akrab disapa SDA ini juga mengaku prihatin dengan kekerasan komunal dalam rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, di Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah, pekan lalu. Begitu juga dengan perusakan Masjid Ahmadiyah di Cianjur.

"Di antara sebagian dari kita sepertinya kehilangan jati diri sebagai bangsa yang ramah, sopan gotong royong dan menjujung tinggi kebersamaan," lirih SDA di Harlah ke-39 PPP di Jakarta.

loading...