Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Banyak Peluang Kerja di Luar Negeri, P3MI-APJATI Diskusi dengan Atase TKI di Binawan Group

Sabtu, 17 Agustus 2024 – 11:25 WIB
Banyak Peluang Kerja di Luar Negeri, P3MI-APJATI Diskusi dengan Atase TKI di Binawan Group - JPNN.COM
P3MI dan APJATI mengadakan diskusi dengan atase TKI di Binawan Group soal peluang kerja di luar negeri. Foto: supplied

jpnn.com, JAKARTA - Perubahan drastis ekonomi dunia pasca-Covid, membuat banyak negara membuat kebijakan baru yang menentukan masa depan pekerjaan.

Misalnya saja negara-negara kawasan Timur Tengah, seperti Arab Saudi yang telah memiliki rencana untuk membangun kota-kota baru yang membuka banyaknya peluang kerja di sektor rumah sakit dan pelayanan.

Dalam rangka menyambut banyaknya peluang kerja di luar negeri, Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI) dan Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) mengadakan acara diskusi panel yang mengangkat tema "Sinergi Strategis antara ATNAKER dan P3MI-APJATI: Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing Tenaga Kerja Indonesia di Pasar Global".

Acara yang berlangsung di kantor pusat Binawan Group ini dihadiri oleh lebih dari 150 Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia dan 12 Atase Tenaga Kerja (ATNAKER) yang akan bertugas ke luar negeri khususnya kawasan Asia-Pasifik dan kawasan Timur Tengah.

“Pada dasarnya Indonesia selalu tegas melindungi para pekerja migran Indonesia dengan tetap menghormati hukum yang ada di negara penempatan. Pemerintah selalu memfasilitasi dan menjamin perlindungan kepada setiap warga negara yang ingin bekerja di luar negeri. Untuk itu pemerintah bekerja sama dengan pihak swasta sebagai agency dan mitra kami APJATI untuk menyiapkan calon-calon tenaga kerja terbaik dengan memberi pelatihan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing tenaga kerja Indonesia di pasar global,” kata Direktur Bina P2PMI Kementerian Tenaga Kerja Rendra Setiawan dalam keterangan.

Diskusi panel ini bertujuan untuk memperkuat kolaborasi antara ATNAKER dan Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI).

Dalam diskusi ini banyak permasalahan yang disampaikan oleh P3MI, mulai dari proses penempatan tenaga kerja Indonesia yang harus melalui proses birokrasi yang rumit dan panjang sampai kesulitan pekerja migran Indonesia untuk bertemu ATNAKER di negara penempatan.

Sementara itu, Ketua Umum APJATI Ayub Basalamah mengungkapkan banyak permasalahan yang dihadapi oleh PMI.

P3MI dan APJATI mengadakan diskusi dengan atase TKI di Binawan Group soal peluang kerja di luar negeri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA