Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Banyak WNI Akan Pulang dari Malaysia, Penyebabnya Krisis Politik Akibat COVID-19

Rabu, 04 Agustus 2021 – 21:55 WIB
Banyak WNI Akan Pulang dari Malaysia, Penyebabnya Krisis Politik Akibat COVID-19 - JPNN.COM
Riau bersiap menyambut kedatangan WNI dari Malaysia. (Foto : Antara/HO-Humas Pemrov Riau).

jpnn.com, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus mempersiapkan diri menyambut pemulangan sejumlah warga negara Indonesia (WNI) dari Malaysia melalui Pelabuhan Kota.

Menurut Asisten I Setdaprov Riau Jenri Salmon Ginting, persiapan yang dilakukan antara lain pengecekan lokasi penampungan isolasi di Kota Dumai.

"Berikutnya pengecekan atas semua persiapan akomodasi, transportasi dan kesiapan dari tim medis yang memeriksa WNI yang datang dari Malaysia tersebut," ujar Jenri di Pekanbaru, Rabu (4/8).

Dia mengatakan, semua persiapan di Kota Dumai sudah dicek, terkait akomodasi, transportasi, juga kesiapan tim medis di Dumai atas pemulangan TKI dari Tanjung Pinang atau dari Batam melalui jalur laut.

Pemprov Riau juga telah membentuk tim satgas untuk persiapan pemulangan WNI dari Malaysia dan akan berkoordinasi dengan instansi terkait, khusus instansi di Kota Dumai menyangkut jumlah WNI dari Malaysia ke Riau, Indonesia.

"Untuk jumlah WNI dari malaysia yang akan pulang ke Indonesia seberapa banyak akan dikoordinasikan dengan instansi yang terkait," katanya.

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha sebelumnya mengatakan ada dua proses pemulangan WNI yang selama ini dilakukan.

Pertama, WNI yang berada di referensi imigrasi dan yang kedua WNI pulang melalui program legalitas ataupun pulang secara mandiri.

Banyak WNI akan pulang dari Malaysia, penyebabnya antara lain krisis politik akibat COVID-19

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close