Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bapanas dan MUI Berkolaborasi Menguatkan Tata Kelola Sistem Pangan

Selasa, 06 Februari 2024 – 20:31 WIB
Bapanas dan MUI Berkolaborasi Menguatkan Tata Kelola Sistem Pangan - JPNN.COM
Badan Pangan Nasional dan Majelis Ulama Indonesia bersinergi tata kelola sistem pangan. Foto: source for JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Badan Pangan Nasional/National Foof Agency (Bapanas/NFA) menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak untuk memperkuat tata kelola penyelenggaraan pangan.

Sinergi tidak terbatas melibatkan lembaga pemerintah, para pakar di bidang pangan, kalangan akademisi, dan pelaku usaha saja, tetapi juga melibatkan dimensi keagamaan.

Bapanas pun bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) menciptakan keberlanjutan sistem pangan nasional yang inklusif.

“Kolaborasi antara NFA dan MUI ini mencakup pertukaran dan pemanfaatan data, informasi, sosialisasi, pendidikan dan pelatihan untuk pengembangan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di bidang ketahanan pangan, yang dituangkan dalam kesepahaman bersama dan selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan penandatanganan perjanjian kerja sama," kata Plt. Sekretaris Utama NFA jelas Sarwo Edhy.

"Peningkatan ketahanan pangan ini termasuk yang terkait ketersediaan pangan, penanganan kerawanan pangan dan gizi, serta penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan,” imbuhnya pada pada acara yang juga dihadiri Deputi Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan beserta Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan serta Direktur Perumusan Standar Keamanan dan Mutu Pangan.

Sarwo mengungkapkan bahwa banyak program yang dapat dikolaborasikan NFA bersama MUI dalam kaitannya dengan pengembangan ragam pangan dan pengawasan pangan yang beredar di masyarakat.

“Pada 2024 ini, Direktorat Penganekaragaman Konsumsi Pangan akan melanjutkan kegiatan sosialisasi dan bimtek konsumsi pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) yang sudah berjalan dari tahun lalu dengan cakupan lebih luas daripada 2023 melalui jejaring MUI,” kata Sarwo.

NFA bersama MUI telah mengadakan bimtek konsumsi pangan B2SA bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), pengelola dan pembina kantin sekolah, serta sosisalisasi B2SA kepada Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), menggarisbawahi peran pemuda sebagai pendukung kebijakan konsumsi pangan.

Bapanas bersama MUI melanjutkan kolaborasi mengupayakan penguatan tata kelola sistem pangan yang inklusif dan berkelanjutan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close